blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Satuan Koordinasi Pendidikan (Satkordik) Kecamatan Kalinyamatan keluar sebagai juara umum lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) jenjang sekolah dasar (SD) tingkat Kabupaten Jepara tahum 2022. Peringkat dua diduduki Kecamatan Jepara. Kegiatan itu berakhir Rabu sore (28/9/2022) di SMP N 1 Mlonggo.
“Dari 18 medali emas yang diperebutkan, Kalinyamatan meraih 5 emas. Jumlah itu sama dengan yang diraih Satkordik Kecamatan Jepara, sehingga juara umum ditentukan dari beda perolehan perak. Kalinyamatan unggul dengan 3 perak. Sedangkan Jepara hanya meraih tambahan 1 perak dan 2 perunggu,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat melalui Kepala Bidang SD Edy Utoyo saat menjawab pertanyaan wartawan pada Kamis (29/9/2022) pagi.
Peringkat ketiga, diraih Kecamatan Mlonggo yang mengumpulkan 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.
Sisa 5 medali emas lain, dibagi rata lima kecamatan. “Yang masing-masing meraih 1 medali emas adalah Satkordikcam Keling, Tahunan, Pakisaji, Mayong, dan Welahan,” kata Edy Utoyo.
Selain piagam penghargaan dan piala, peraih medali emas, perak, dan perunggu mendapat hadiah uang pembinaan.

blank
Pada cabang lomba perseorangan, besar uang pembinaan berturut-turut dari juara 1 sampai juara 3 adalah Rp2,5 juta, Rp2,25 juta, dan Rp2 juta. Sedangkan cabang beregu Rp3juta, Rp2,5 juta, dan Rp2 juta.
Menurut Edy Utoyo, dari 16 kecamata, di Jepara, hanya Satkordik Kecamatan Karimunjawa yang tidak mengirim kafilah.
Berdasar data yang diterima media, kecamatan yang tahun ini tidak berhasil meraih emas adalah Kedung, Donorojo, Kembang, Batealit, Nalumsari, Bangsri, dan Pecangaan.
“Seluruh juara 1 langsung dipersiapkan mengikuti Mapsi tingkat Jawa Tengah yang akan berlangsung di Donohudan pada 4 sampai 6 November 2022,” kata Edy Utoyo.Seragam, akomodasi, dan konsumsi kontingen akan ditanggung oleh Disdikpora Kabupaten Jepara.

Hadepe