blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sebanyak 285 siswa terpilih jenjang SD, Rabu (28/9/2022) pagi ini berebut predikat juara dalam lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) tingkat Kabupaten Jepara. Acara dipusatkan di SMP Negeri 1 Mlonggo.

“Kami mengundang Bapak Bupati untuk membuka acara ini. Pembukaan kami pusatkan di lapangan Desa Suwawal,” kata ketua panitia lokal Tyas Titik Widyastuti.

Menurut Tyas  Titik dan ketua 2 Nizar, peserta merupakan perwakilan kecamatan se-Kabupaten Jepara. Hanya juara 1 kecamatan yang berhak tampil di tingkat kabupaten.

blank
Panitia lokal Mapsi

“Tapi anak-anak kita dari Karimunjawa tahun ini belum bisa berpartisipasi karena jarak dan kendala lain,” kata Tyas Titik.

Terdapat 10 cabang yang diperlombakan dalam Mapsi. Setiap cabang terdiri dari kategori putra dan putri kecuali azan.

“Karena azan hanya untuk putra,” katanya.

Selain azan, sembilan cabang lomba lainnya adalah salat dan bersuci, khot, dan kitobah. Selanjutnya macapat islami, Pengetahuan Agama Islam dan Baca Tulis Al-Qur’an, TIK, rebana, MTQ, dan MHQ.

blank
Penari Balad Arungan

Seksi acara panitia lokal Moh Junaidi mengatakan, pihaknya mengambil tema “Ekspresi Generasi Muslim Berkompetisi Membangun Negara”. Panitia menyiapkan sejumlah penampilan praacara di antaranya hafalan juz 30 Al-Qur’an dari perwakilan kecamatan, rebana SD 8 Suwawal, dan tari Balad Arungan dari SDN 4 Jambu yang merupakan juara cabang seni tari dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kabupaten Jepara tajun 2022

Hadepe