blank
JUARA - Aida Barokatullaihi Tim dari Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal yang menjadi Juara Harapan 3. (foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal berhasil meraih gelar Juara Harapan III pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) yang diselenggarakan oleh Universitas Wijayakusuma Purwokerto, pada 21 Agustus 2022 lalu

Kompetisi yang dilakukan secara online tersebut melibatkan sejumlah 30 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dilatarbelakangi oleh pelaku UMKM yang dalam menjalankan usahanya masih menggunakan cara manual, yaitu belum adanya pencatatan transaksi harian maupun bulanan, pencatatan nota penjualan dihitung manual menggunakan kalkulator yang berdampak pada kesalahan dalam perhitungan. Serta belum adanya laporan penjualan yang seharusnya dibuat secara berkala untuk mengetahui total penjualan bersih yang dihasilkan dari proses transaksi yang dilakukan.

“Riset terapan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kinerja UMKM dan memberikan warna dalam penyelesaian masalah yang ada pada UMKM sebagai ciri khas dari Perguruan Tinggi Vokasi dan terus berkomitmen untuk menghasilkan riset terapan berkualitas lainnya,” kata Andri Widianto M.Si selaku pembimbing, Rabu (28/09/2022).

Menggunakan Research and Development (R&D) yaitu metode yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk. Riset ini diperoleh dengan menerapkan setiap desain dan alur dari proses yang telah dirancang menggunakan aplikasi Microsoft Visio 2019.

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu yang dapat diakses seperti pengaturan data toko, stok barang, data barang, data supplier, transaksi penjualan, dan laporan penjualan.

“Riset terapan dengan menciptakan sebuah aplikasi sistem penjualan ini diharapkan memudahkan pemilik toko dan kasir dalam melakukan transaksi penjualan, mengontrol stok barang dan mengetahui total penjualan bersih pertanggal maupun keseluruhan serta mencetak nota penjualan secara otomatis dengan sistem terkomputerisasi,” ujar Aida Barokatullaeli peraih Harapan III dalam LKTI Nasional.

Disebutkan, untuk Juara 1 adalah Lutfi’ah Sungkar (Universitas Negri Yogyakarta), Juara 2 Agung Prasetyo Jalalludin (Universitas Jenderal Soedirman), Juara 3 Aprilia Dwi Cahyani (Universitas Wijayakusuma Purwokerto), Juara Harapan 1 Musyafak (Universitas Trunojoyo Madura), Juara Harapan 2 Khofiyana Putri Widyaningrum (Universitas Indonesia), Juara Harapan 3 Aida Barokatullaihi (Politeknik Harapan Bersama).

Sutrisno