blank
Mualimin, M. Pd.I. Ketua KKMTs 02 Jepara bersama Kepala Kantor Kemenag Jepara,Ketua Tanfidziyah, KH. Charis Rahman dan Sekretaris PCNU, Gus Ahmad Sahil, S.Pd.I, dan pengurus KKMTs 02 Jepara ( Foto: Sub)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Mualimin, M. Pd.I. Ketua KKMTs 02 Jepara yang dipilih secara aklamasi pada tanggal 20 Agustus 2022 di Bandungan hari ini, Selasa (27 /9-2022)  dikukuhkan oleh , Drs. H. Muh. Habib, M.M, Kepala  Kantor Kemenag Jepara. Pengukuhan berlangsung  di aula 2 LP. Ma’arif NU Jepara,

Acara  tersebut dihadiri oleh juga oleh  Kasubag TU, H. Achsan Muhyiddin, S.E. MM, dan Kasi Penmad, Drs. H. Ahmad Najib, M. Pd.I., Ketua Pokjawas, H. Moh. Faqih, M.Pd.I. Hadir dari jajaran Pengurus PCNU, Ketua Tanfidziyah, KH. Charis Rahman dan Sekretaris PCNU, Gus Ahmad Sahil, S.Pd.I, Wakil ketua PCNU, H. Zainuri Thoha, dan Katib PCNU, Kiai M. Nasrullah Huda, mewakili jajaran Syuriyah PCNU Jepara.

blank
Pengurus KKMTs 02 Jepara (Foto: Sub)

Acara yang dihadiri seluruh anggota KKMTs 02, pengurus KKMI 02,  KKMA 02, dan undangan lainnya ini juga dalam rangka memperingati Harlah ke-93 LP. Ma’arif NU, dan pengukuhan PLH Pengurus Cabang LP. Ma’arif Jepara.

Dalam sambutannya, Muallimin menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dan memberi support agar KKMTs 02 Jepara semakin maju dan bermanfaat. Menurutnya, bernaung di bawah KKMTs 02 dan LP. Ma’arif itu punya ciri khas.

“Setiap lembaga madrasah NU itu punya ciri khas yaitu muatan lokal ala ulama salaf sebagai penguat anak didik untuk terampil dalam bidang keagamaan, minimal anak-anak bisa membaca makna gandul.” paparnya.

blank
Mualimin, M. Pd.I. Ketua KKMTs 02 Jepara (Foto: Sub)

Selaku Pelaksana Harian LP Maarif Jepara  Muallimin berharap dapat melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang diberikan PCNU Jepara dan semoga LP Ma’arif bertambah jaya, berkembang, dan barokah.

Sementara itu, Kepala Ka. Kankemenag Jepara, Drs. H. Muh. Habib, M.M. menyampaikan apresiasi kepada KKMTs 02 Jepara atas pelaksanaan pengukuhan Pengurus KKMTs yang tetap mempertahankan nilai -nilai moderasi. Ada tahlil untuk mengingat leluhur, ada lagu Indonesia Raya, Yalal Wathan, dan Himne Madrasah, yang menunjukkan bahwa tidak ada yang radikalisme dalam organisasi KKMTs 02 Jepara.

Ia mengingatkan kepada pengurus KKMTs 02 bahwa pelantikan bukan seremonial belaka. Ada tanggung jawab yang terukur dari pengurus untuk terus mengembangkan madrasah agar semakin maju dan sukses. ” Teruslah fastabiqul Khoirot dengan madrasah lain, jangan sampai pengurus wujuduhu kaadamihi.” Imbuhnya.

blank
Undangan pada acara pengukuhan Ketua KKMTs 02 Jepara (Foto: Sub)

Secara khusus ia berpesan kepada Mualimin, Ketua KKMTs 02 yang juga PLH LP Ma’arif NU Jepara. ” Tanggung jawab Pak Mualimin sangat berat perlu diniati dengan ikhlas, terukur, penuh tanggung jawab, menjaga kesehatan dan keseimbangan, dijalankan bersama, kompak, rukun, insyaallah akan sukses. Karena kesuksesan adalah milik bersama.” Sambungnya.

Sementara Kiai Charis Rahman, Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara menyampaikan bahwa pemimpin itu dalam bahasa Arab disebut “sultan” artinya pemimpin atau era. ” Pemimpin harus punya gerakan yang menunjukkan era. Namun mereka juga penerus yang menggunakan jasa sebelumnya. Mari kita benahi dan maksimalkan lembaga yang sudah ada agar lebih bermutu, jangan sampai kita mudah untuk mendirikan madrasah yang berdampak pada kompetisi rebutan siswa. Santri itu prinsipnya, ” Yen tsulasi keno ojo rubai.”  sambungnya.

Adapun Ahmad Sahil, S. Pd.I, Sekretaris PCNU saat membacakan SK pelantikan PLH Pengurus Harian LP Ma’arif Jepara mengatakan bahwa SK Pelaksana Harian ini berlaku selama 6 bulan terhitung mulai tanggal 27 September 2022 sampai dengan 27 Maret 2023 dan akan dievaluasi setelah 6 bulan berlaku. Hal ini dimaksudkan agar ada kepastian untuk menjalankan roda organisasi.

” Silakan Pak Mualimin dan jajaran pengurus melaksanakan tugas sesuai dengan amanat organisasi dan membangun komunikasi dan sinergitas dengan lembaga-lembaga lainnya,” tegas Gus Sahil, panggilan akrabnya.

Di sela-sela pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan, juga diselingi pemotongan dua tumpeng sebagai simbol peringatan Harlah LP Ma’arif NU yang ke-93 yang dilakukan oleh Muallimin. Tumpeng pertama diberikan kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara dan kedua kepada Kepala Kantor Kemenag Jepara.

Hadepe –  Subekhan