blank
Para calon wisudawan FTP USM foto bersama seusai mengikuti pelepasan bagi calon wisudawan di Aula Lantai 6 Gedung V USM pada 24 September 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) melepas 98 calon wisudawan di Aula Lantai 6 Gedung V USM pada 24 September 2022.

Kegiatan dihadiri Wakil Rektor 1 USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP dan Dekan FTP USM, Dr Ir Haslina MSi, Perwakilan Senat Universitas Dr.Ir.Bambang Kunarto, MP.
Sebagai wisudawan terbaik adalah Yovita dengan IPK 3,97.

Menurut wakil rektor 1 USM, lowongan pekerjaan di bidang pangan masih terbuka lebar. Sebab selama masih ada kehidupan pasti orang butuh makan.

”Jangan takut dengan lapangan pekerjaan, jangan takut untuk berwirausaha, jangan takut untuk terjun ke dalam dunia yang sesungguhnya karena begitu luas lapangan pekerjaan bagi adik-adik semua,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama masih punya kemampuan, daya saing, sikap yang baik, kompetensi yang baik dan di dukung dengan skill sesuai bidang ilmu, pasti akan dapat bersaing di dunia kerja.

”Apa yang Anda usahakan itulah yang akan Anda dapatkan. Tanpa perjuangan Anda tidak akan menjadi apa-apa. Jadi segala sesuatu memang harus di perjuangkan,” ungkapnya.

Dekan FTP USM, Dr.Ir.Haslina, M.Si berharap, wisudawan aktif di IKA FTP USM, sehingga tali silaturrahmi tetap terjaga baik antaralumni, antaralumni dengan FTP USM dan dapat bersama-sama membesarkan nama FTP USM.

”Kalian harus menjadi duta yang bermanfaat bagi masyarakat yang siap untuk melakukan pengabdian masyarakat di luar kampus. Saya berharap, para alumni tetap rendah hati, tegas, disiplin, bertanggung jawab, jujur, berkomitmen, hilangkan kebiasaan menunda, tidak usah minder, berintegritas, dan selalu doa dan minta restu orang tua,” katanya.

Sementara itu, perwakilian orang tua, A Fajar Agung Susetyo mengatakan,tantangan baru untuk calon wisudawan ke depan adalah dunia kerja. Di dalam dunia kerja hard kompetensi dan soft kompetensi sangat diperlukan.

”Hard kopentensi adalah skill yang bisa diasah, sedangkan soft komentensi kemampuan untuk leadership, kemampuan berkomunikasi,” ujarnya.

Di era sekarang, katanya, calon wisudawan harus siap menghadapi dunia digital, kemampuan berbahasa. Saya baca di media online, Universitas Semarang menempati ranking 7 universitas swasta di Jawa Tengah. Adapun untuk tingkat nasional ranking 135.

”Saya berharap, seluruh pimpinan Universitas Semarang dapat meningkatkan rankingnya sehingga lulusan USM dapat memberikan warna khusnya Jawa Tengah dan Indonesia,” jelasnya.

Perwakilan wisudawan, Yovita Aryani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dosen dan orang tua atas segala bentuk dukungan dan bimbingan yang telah mengantarkannya sebagai mahasiswa hingga menjadi insan akademik dengan gelar sarjana.

”Saya juga mengucapkan selamat atas keberhasilan teman-teman yang telah dicapai dan berhasil menyelesaikan salah satu amanah dari kedua orang tua kita, yaitu menyelesaikan gelar sarjana dengan baik. Kelulusan memisahkan mahasiswa, tapi diharapkan persaudaraan tetap terjalin melalui Ikatan Alumni FTP,” ujarnya.

Muhaimin