blank
Warga dan anak-anak mengikuti cek golongan darah gratis dari PMI Kebumen di Alun-alun setempat, Minggu 25/9.(Foto:Humas PMI Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Rangkaian Hari Jadi ke -77 Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar cek golongan darah secara gratis beramaan car free day Minggu (25/9) di Alun-alun setempat.

Hanya membutuhkan waktu dua jam sejak dimulai Pukul 07.00, kuota 100 orang ludes diserbu warga. Kegiatan tersebut sengaja bersamaan kegiatan car free day Minggu pagi.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengatakan, kegiatan tersebut masih dalam rangkaian HUT PMI ke-77, meski sudah hampir sepekan PMI Kebumen terus memeriahkan dalam berbagai aksi kemanusiaan.

blank
Anggota PMR PMI Kebumen membersihkan sampah di Alun-alun ada Minggu (25/9) pagi.(Foto:SB/Humas PMI Kebumen)

“HUT PMI sudah berlangsung sepekan yang lalu pada 17 September. tetapi kita PMI Kabupaten Kebumen terus memeriahkan hari jadi tersebut. Hari ini Minggu pagi di Car Free Day yang berlangsung di Alun-Alun Kebumen kita buka cek Golongan Darah secara gratis untuk 100 orang,”ujar Sabar Irianto.

Lebih jauh ia menjelaskan, sejumlah kegiatan kemanusiaan lainnya turut memeriahkan acara tersebut. Seperti donor darah, simulasi lakalantas, dan giat bersih Alun-alun kebumen oleh para PMR.

Menut Sabar, selain ada cek golongan darah gratis, kegiatan lainnya berupa donor darah untuk masyarakat umum yang mengikuti CFD. Kemudian ada simulasi lakalantas di mana para sukarelawan memberikan edukasi kepada pengunjung CFD bagaimana cara memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Terakhir gerakan anak-anak PMR yang tergabung di Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Kabupaten Kebumen membersihkan sampah di sekitar Alun-alun Kebumen.

Humas PMI Kebumen Pipiet Mahardi menambahkan, kegiatan melibatkan puluhan sukarelawan, anggota PMR dan seluruh staf. Kegiatan berjalan sukses. Bahkan sejumlah pengunjung turut antusias meramaikan seluruh rangkaian acara yang terselenggara oleh PMI Kabupaten Kebumen.

Pipiet Mahardi berharap masyarakat Kebumen dapat melihat kiprah giat-giat kemanusiaan yang diberikan oleh PMI Kabupaten Kebumen dalam berbagai pelayanan. Masih ada satu rangakaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 PMI, yaitu anjangsana yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Komper Wardopo