blank
BANTUAN - Walikota Tegal Dedy Yon Supriono menyerahkan bantuan kepada ratusan kiai dan marbot. (Foto: Sutrisno)

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 160 Kiai dan 155 Marbot di Kota Tegal mendapatkan bantuan Asuransi Jasa Mitra Abadi (JMA) Syariah. Bantuan diserahkan oleh Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat Sosialisasi Peran dan Tupoksi UPZ Unit Pengelolaan Zakat Bagi Marbot Masjid/Musholla dan UPZ Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kamis (22/09/2022).

“Yang kita serahkan hari ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan dari Pemerintah Kota Tegal atas jasa dan pengabdian para marbot kepada masyarakat muslim Kota Tegal,’’ ujar Dedy Yon.

Walikota berharap bantuan dan asuransi yang diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari para penerima bantuan.

‘’Kepada Baznas Kota Tegal saya pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Tegal mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerjasamanya dalam memfasilitasi dan menyalurkan pengumpulan zakat dari masyarakat,’’ tambah Dedy Yon.

Keberhasilan pengelolaan zakat terhadap umat harus dapat dilihat dan dirasakan di tengah masyarakat. Baznas dituntut untuk bekerja meningkatkan kontribusi zakat terhadap pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

‘’Karena itu, Baznas saya harapkan harus dapat menjadi inspirasi dan pendorong bagi masyarakat dalam menumbuhkan kepedulian dalam membantu sesama. Melalui pengumpulan dan penyaluran zakat. Masyarakat dapat menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh untuk membantu saudara yang lain yang membutuhkan,’’ ujar Dedy Yon.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf menyampaikan bahwa program Baznas seperti Program Kita Jaga Kyai yang berupa asuransi jiwa untuk para kyai, marbot di Kota Tegal.

‘’Program Kita Jaga Kyai berupa asuransi jiwa untuk para kyai dan marbot Kota Tegal, ada kyai 160 orang, marbot baru 155 orang. Padahal jumlah harus 640 tapi yang terdata baru 160 kyai, ustadz, ustadzah dan 155 marbot masjid dan mushola. Asuransi ini setiap tahun kita ganti sesuai dengan nilai kontraknya dengan JMA Syariah Kospin Jasa dan ada bantuan bingkisan beras,’’ tutur Harun.

Sutrisno