blank
Ketua Bawaslu Jawa Tengah periode 2022-2027, Muhammad Amin (kiri belakang). Foto: Dok/Bawaslu Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tujuh komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah sepakat menetapkan Muhammad Amin sebagai Ketua Bawaslu Jawa Tengah periode 2022-2027.

Penetapan ini berdasarkan hasil rapat pleno tujuh komisioner yang dilakukan pada Kamis (22/9/2022) kemarin.

Pemilihan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dilakukan secara musyawarah mufakat, dimana Amin menggantikan ketua sebelumnya, M. Fajar Saka, yang telah berakhir masa jabatannya.

Sebelumnya, Amin bersama Diana Ariyanti dan Achmad Husain dilantik menjadi anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode 2022-2027.

Pelantikan dilakukan di Jakarta pada 21 September 2022. Tiga anggota tersebut menggantikan tiga anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode 2017-2022 yang masa kerjanya telah berakhir, yakni Fajar Saka, Sri Wahyu Ananingsih dan Sri Sumanta.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, jumlah anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sebanyak tujuh orang. Selain tiga yang telah dilantik, ada empat anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah eksisting dengan masa jabatan 2018-2023.

Setelah Amin, Diana dan Husain dilantik, tiga orang ini bergabung dengan empat anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah lainnya.

Diketahui, empat orang anggota tersebut masa jabatannya adalah 2018-2023. Mereka adalah Muhammad Rofiuddin, Anik Sholihatun, Heru Cahyono dan Gugus Risdaryanto.

Selain memutuskan ketua, pleno Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga menyepakati pembagian koordinator divisi dan wakil koordinator divisi, antara lain

1. Sumber Daya Manusia dan Organisasi
Koordinator Divisi: Gugus Risdaryanto
Wakil Koordinator Divisi: Achmad Husain

2. Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat
Koordinator Divisi: Anik Sholihatun
Wakil Koordinator Divisi: Heru Cahyono

3. Hukum, Pendidikan dan Pelatihan
Koordinator Divisi: Diana Ariyanti
Wakil Koordinator Divisi: Gugus Risdaryanto

4. Penyelesaian Sengketa
Koordinator Divisi: Heru Cahyono
Wakil Koordinator Divisi: Diana Ariyanti

5. Penanganan Pelanggaran
Koordinator Divisi: Achmad Husain
Wakil Koordinator Divisi: Muhammad Rofiuddin

6. Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi
Koordinator Divisi: Muhammad Rofiuddin
Wakil Koordinator Divisi: Anik Sholihatun

Ning Suparningsih