blank
Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (Ika Poltekim) Provinsi Jateng dan DIY. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (Ika Poltekim) Provinsi Jateng dan DIY hari ini resmi dilantik di Semarang, Kamis (22/9/2022)

Kadiv Keimigrasian Jateng, Wishnu Daru Fajar, dan Kadiv Keimigrasian DIY, Muhammad Yani Firdaus, dilantik sebagai Ketua Pengda Jateng dan DIY oleh Prof Imam Santoso selaku Ketua Umum.

Prof. Imam menerangkan dasar pendirian Ika Poltekim adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

“Ika Poltekim merupakan salah satu komponen penilaian akreditasi. Keberadaan Ika Poltekim bukan semata-mata keinginan individu-individu, tapi merupakan amanat UU,” jelas Prof Imam.

Menurutnya, Ika Poltekim merupakan mitra kerja dari jajaran Kemenkumham dan Ditjen Imigrasi. Diharapkan para anggotanya dapat memberikan kontribusi terhadap institusi.

“Diharapkan ikatan alumni dapat memberikan kontribusi kepada dinas. Saya tegaskan agar tidak ada persepsi mengenai mengapa harus didirikan ikatan alumni ini,” ujarnya.

Tujuan lain dibentuknya Ika Poltekim menurut Prof. Imam adalah sebagai upaya mengikis dikotomi perbedaan antar angkatan yang ada di pendidikan teknis imigrasi.

“Tinggal kita sekarang bagaimana mengayuh, berlari, untuk Ika Poltekim. Saya mohon ketua Pengda dapat mendorong anggotanya,” harap dia.

Pada pelantikan dihadiri para pengurus Ika Poltekim dari Kanwil Jateng dan DIY yang terdiri dari para Kepala Bidang Divisi Keimigrasian, para Kepala Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi di Jateng dan DIY.

Ning Suparningsih