blank
Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho dan Sekretaris Umum BPKP, Ernadhi Sudarmanto bersama pejabat terkait berfoto bersama usai penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak yang berlangsung di Ruang Sidang II Gedung dr. Prakosa UNS, Rabu (21/9). Foto: Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka pendayagunaan Center of Excellence (CoE) melalui swakelola.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho dan Sekretaris Umum BPKP, Ernadhi Sudarmanto dilangsungkan di Ruang Sidang II Gedung dr. Prakosa UNS, Rabu (21/9/2022).

Pada acara dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) BPKP, Amdi Veri Darma, Rektor UNS, Prof.Dr  Jamal Wiwoho dalam sambutannya

berharap kerja sama dapat mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih sesuai yang dicanangkan.

Kerja sama yang terjalin diharapkan dapat berkembang ke arah penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi. Hal-hal terkait penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga diharapkan dapat terakomodasi dengan penandatanganan kerja sama ini.

Nota kesepahaman yang ditandatangani bertujuan menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi peningkatan kualitas pengawasan intern pemerintahan, memacu kreativitas dan kreasi bersama, menumbuhkembangkan pendayagunaan hasil riset terapan dan kajian.

Selain itu, juga mendorong kemajuan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembangunan. Selain itu, kerja sama juga bertujuan memberdayakan dan mensinergikan sumber daya maupun pengetahuan yang ada dalam mendukung kemajuan pengawasan intern.

“Setelah ditandatangani BPKP dan UNS, dokumennya jangan hanya disimpan di laci tetapi harus segera ditindaklanjuti di bidang akademik, riset, pengabdian, magang, KKN dan sebagainya.  Termasuk di dalamnya ada profesional dan auditor hebat  BPKP yang kerso ikut bersama-sama memajukan UNS dengan label profesional untuk memberikan kuliah di UNS,” terang Rektor.

Acara ini juga dihadiri juga pejabat  UNS di antaranya  Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo; Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan.

Sekretaris Umum BPKP, Ernadhi Sudarmanto dalam sambutan balasannya mengucapkan terima kasih kepada UNS yang telah membuka diri serta berkenan menjalin kerja sama dengan BPKP. Kerja sama diharapkan dapat mencapai tujuan utama pelaksanaan penelitian terkait penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih melalui CoE.

Adanya kerja sama, pihaknya ingin mendapat perspektif lebih tepat dan solutif, untuk penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik dan bersih. Selain itu, kerja sama antara UNS dan BPKP mendorong budaya ilmu pengetahuan serta memperkuat posisi BPKP di bidang akuntabilitas pengawasan keuangan dan pembangunan di sektor publik.

“Melalui CoE kami ingin berkolaborasi dan bekerja sama dengan para ahli di perguruan tinggi untuk kepentingan perguruan tinggi dan BPKP. Untuk tahun 2022, BPKP bekerja sama dengan UNS untuk penelitian di sektor APP yaitu penguatan penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih,” kata Ernadhi.

Bagus Adji