blank
Para personel Polres Kebumen Selasa (20/9) mengikuti ujian bela diri Polri di halaman Mapolres.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen menggelar Ujian Bela Diri Polri Periodik Semester II d di halaman Mapolres, Selasa (20/9)

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin didampingi Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali

Kapolres Kebumen dalam sambutannya menyatakan, ujian akan digelar selama tiga hari mendatang hingga Kamis 22 September 2022.

Menurut Kapolres, ujian bela diri termasuk dalam 13 aspek komponen penilaian kinerja Personel Polri yang dikelolah oleh SDM Polri.

“Laksanakan ujian ini dengan sungguh-sungguh, dengan penuh semangat,”ujar AKBP Burhanuddin.

blank
Sejumlah personel Polres Kebumen melaksanakan ujian bela diri Polri Selasa 20/9 dihalaman Mapolres.(Foto:SB/Humas Polres)

Peserta ujian adalah seluruh personel Polres Kebumen, untuk dilakukan penilaian secara berkala lalu dilaporkan ke Polda Jateng.

Nilai Kategori Baik

Personel Polri yang akan diusulkan naik pangkat juga harus mengikuti ujian bela diri dan memperoleh nilai kategori baik.

Poin penting lainnya, ujian bela diri juga untuk optimalisasi pemeliharaan peningkatan kemampuan beladiri personel Polres Kebumen.

Sebelum mengikuti ujian, para personel dicek kesehatannya terlebih dahulu. Jika dari hasil pengecekan kesehatan dinyatakan lolos dan bisa mengikuti ujian, peserta akan mengikuti pemanasan yang dipimpin oleh instruktur.

Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha menambahkan, anggota Polri harus menguasai bela diri karena tuntutan tugas di lapangan, sehingga meski bersifat periodik tetap wajib diikuti oleh seluruh personel.

Bela diri Polri adalah kemampuan anggota Polri dalam mempertahankan diri dari serangan pihak lain. Bela diri ini menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik.

Teknik bela diri ini bisa dengan tangan kosong maupun menggunakan alat untuk melumpuhkan lawan dengan tujuan pemelihaaran keamana dan ketertiban masyaraat (Harkamtibmas).

Komper Wardopo