blank
Tiga anggota Bawaslu Jateng yang dilantik, Muhammad Amin, Diana Ariyanti, dan Achmad Husain. Foto: Dok/Bawaslu Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bawaslu RI melantik 3 anggota Bawaslu Provinsi untuk masa jabatan 2022-2027, yang berlangsung di Hotel Mercure Harmoni Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Total keseluruhan ada 75 anggota dari 25 Provinsi di Indonesia yang dilantik oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja.

Dari 75 orang tersebut, 3 diantaranya merupakan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Ketiganya secara resmi menjadi anggota Bawaslu Jawa Tengah periode 2022-2027. Mereka adalah Muhammad Amin, Diana Ariyanti, dan Achmad Husain.

Sebelumnya, Amin adalah Ketua Bawaslu Kota Semarang. Adapun Diana merupakan anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, sedangkan Husain anggota KPU Kabupaten Blora.

Saat pelantikan, Rahmad Bagja berpesan agar para anggota Bawaslu Provinsi yang baru saja dilantik selalu profesional dalam menjalankan tugas.

Bagja juga meminta agar para anggota menyesuaikan diri dalam kerja pengawasan Pemilu. Apalagi, saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

Pelantikan 3 anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dilakukan karena ada tiga anggota Bawaslu Jawa Tengah periode 2017-2022 sudah habis masa jabatannya. Ketiganya adalah Fajar Saka, Sri Wahyu Ananingsih dan Sri Sumanta.

Bagja berpesan, anggota Bawaslu Provinsi yang telah selesai menjalankan tugas agar selalu terhubung dengan Bawaslu. Sebab, mereka adalah sama-sama keluarga besar Bawaslu.

Ia juga meminta agar foto-foto anggota Bawaslu yang sudah purna tugas dipajang di kantor Bawaslu Provinsi. Tujuannya, bagian dari upaya menghormati, agar mereka selalu terkenang dengan kerja-kerja pangawasan Pemilu.

Menurutnya, pelantikan anggota Bawaslu Provinsi dilakukan setelah selesainya proses seleksi yang sudah dimulai sejak lima bulan lalu.

Dalam pelantikan dihadiri para pimpinan Bawaslu RI, Sekjen Bawaslu RI, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, anggota KPU RI Mochamad Afifuddin, anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo, dan para kepala sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Ning Suparningsih