blank
Pengunjung terakhir sebelum Taman Balekambang ditutup, beberapa orang sedang bersama angsa penghuni taman. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Warga masyarakat yang ingin bersantai di Taman Balekambang Solo terpaksa harus menunda keinginannya hingga Desember tahun 2023.

Kawasan ini ditutup untuk umum dalam kurun waktu cukup lama dengan adanya penataan di tempat tersebut.

Taman Balekambang ditata dengan anggaran dari Kementerian PUPR sebesar Rp 154.703.287.500. Dengan penataan kawasan Balekambang maka UPT Kawasan Wisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Surakarta juga pindah lokasi ke Gedung Graha Wisata.

“Tak hanya kantor dan personel, binatang yang ada di balekambang di antaranya rusa, angsa, burung merak juga ikut pindah lokasi,” kata Kepala UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Sumeh ketika di Balekembang Solo, Senin (19/9/2022).

Kunjungan masyarakat, lanjut Sumeh, Senin 19 September 2022. Sesuai  ketentuan, masyarakat bisa mengunjungi Taman Balekambang lagi pada 18 Desember tahun 2023.

Penataan kasawan Taman Balekambang, meliputi Taman Air Partini, Kolamrenang Manahan, Open stage, Gedung Kesenian, Mina Padi, Kantor Provinsi Jawa Tengah , Kolam Pedestrian, JIC dan seluruh kawasan Balekambang. Pentas Ketoprak dan Ramayana tetap berlangsung meski lokasi pementasannya  ikut pindah  tidak lagi di Balekambang.

2,6 Juta Pengunjung

Mengenai kunjungan masyarakat diakui cukup besar . sebagai gambaran di tahun 2019 mencapai 2,6 juta pengunjung.  Setelah dibuka kembali pada tahun 2022, kunjungan masyarakat  Senin- Jumat  rata rata sekitar 1.500 pengunjung/ hari.