Untuk dosen diutamakan lulusan S-3, sedangkan untuk tenaga kependidikan sesuai dengan analisis jabatan.

Proses rekrutmen pegawai non-ASN UNS dilakukan dengan transparan. Dimulai dengan pengumuman dan pendaftaran di laman UNS pada 21-24 Agustus 2022. Lalu unggah dokumen pada tanggal 21-25 Agustus 2022. Jumlah pelamar mencapai 5.166 orang. Setelah dilakukan verifikasi yang lolos 4.940 pelamar.

“Selanjutnya  memasuki tahap proses pengisian data. Hasilnya dari 4.940 pelamar, hanya 1.195 yang melakukan pengisian data. Kemudian diverifikasi lagi yang lolos 704 pelamar. Dan pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September dilakukan validasi dan yang lolos untuk mengikuti TKD hari ini sebanyak 248 orang.

Rinciannya yakni 129 pelamar dosen dan 119 pelamar tenaga kependidikan,” terang Prof. Bandi sembari menambahkan TKD diumumkan 27 September . Bagi yang lolos akan mengikuti Test Kemampuan Bidang pada 3 Oktober. Dan setelah itu tes wawancara.

Sementara itu Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho  rekrutmen pegawai non-ASN UNS  sebagai upaya  meningkatkan kesesuaian jumlah antara dosen dan mahasiswa. “Sudah saya sampaikan Pak Bandi selaku Wakil Rektor Umum dan SDM bahwa standar rekrutmen SDM harus disesuaikan dengan standar rekrutmen CPNS. Jadi ada TKD, TKB dan wawancara dengan prosedur disesuaikan dengan rekrutmen CPNS. Sehingga masyarakat tau bahwa dalam rekrutmen SDM kita transparan,” terang Prof. Jamal.

Bagus Adji