blank
Ganjar dan Siti Atikoh saat mengunjungi Svarga Bumi, beberapa waktu lalu. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 20 orang tokoh dan destinasi wisata di Jawa Tengah, menerima penghargaan khusus bidang pariwisata, dari PWI Provinsi Jateng. Penghargaan akan diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, di Pelataran Panca Arga, Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jumat (23/9/2022) mendatang, pukul 19.00 WIB.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS didampingi Ketua Panitia Haryanto mengatakan, penghargaan diberikan dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia, yang jatuh pada bulan September.

”Sesuai tema acara Bangkit dari Pandemi, Inovasi Tiada Henti, penghargaan diberikan kepada para tokoh dan pelaku usaha yang berperan, dan punya andil besar dalam membangkitkan kembali sektor pariwsata di Tanah Air,” kata Amir, dalam siaran persnya, Senin (19/9/2022).

BACA JUGA: Memperingati HUT Ke 77 PMI, Wali Kota Serahkan Bantuan Satu Unit Ambulans

Untuk kategori Inovator Pariwisata, penghargaan diberikan untuk para tokoh kepala daerah, industri, pelaku wisata, dan BUMN, yang berperan membangkitkan kembali sektor pariwisata setelah terpuruk akibat pandemi covid-19.

Untuk kategori Inovator Pariwisata Terbaik Bidang Pemerintahan, Anugerah Pariwisata Jateng 2022 diberikan kepada Wakil Walikota Semarang/Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang, Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu MSos.

Lalu ada pula H Ngesti Nugraha SH MH (Bupati Semarang), Afif Nurhidayat SAg (Bupati Wonosobo), Hj Sri Mulyani (Bupati Klaten), Zaenal Arifin SIP (Bupati Magelang), serta Drs H Juliyatmono MM (Bupati Karanganyar).

BACA JUGA: Dukung Nelayan, Penerbitan Pas Kapal Kecil Dipercepat

Untuk kategori Inovator Pariwisata Bidang Industri, diberikan kepada Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, yang berperan besar mendukung dan memajukan sektor pariwisata, melalui pembuatan dan penayangan iklan khusus pariwisata, dalam beberapa produk iklan Sido Muncul. Sedangkan bidang BUMN diberikan kepada PPSDM Cepu.

Penghargaan Inovator Pariwisata diberikan kepada Sugeng Sugiantoro (GM Hotel Mesastila) Bidang Perhotelan dan Mul Budi Santoso (Dirut Ketep Pass) Bidang Wisata Alam.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Wagianto Angkasa Wijaya SE (Owner PT Angkasa Wijaya Group) untuk kategori Inovasi Bisnis Wisata Hotel & Resort Terbaik dan Irma Susanti (Owner Identix) untuk Inovasi Bisnis Batik Tulis Custom Pendukung Pariwisata.

BACA JUGA: Hutan Pertagama KHDTK Getas Blora Seluas 10.000 Hektar Lebih Mulai Dikelola

Sedangkan destinasi wisata yang memperoleh penghargaan yakni, Desa Bahasa Borobudur (kategori Desa Wisata Edukasi Terbaik), Saloka Theme Park (Taman Wisata Terbaik), Candi Joglo (Desa Wisata Seni Budaya Terbaik), D’las Lembah Asri Serang (Desa Wisata Tematik Terbaik).

Ada juga Svarga Bumi (Inovasi Wisata Sawah Terbaik), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Ratu Boko dan Prambanan (Pengelolaan Wisata Sejarah-Candi Terbaik), Jurug Solo Zoo (Taman Satwa/Kebun Binatang Terbaik), serta Dusun Semilir Eco Park (Kampung Wisata Terbaik).

Riyan