blank
EVAKUASI - Tim SAR gabungan berhasil melakukan evakuasi korban. (Foto: Istimewa)

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Dian Sarwono (32) warga Kelurahan Kandang Panjang Gang 1C, RT 05 RW 05 Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang hilang saat melakukan pembersihan tritip karang kapal dengan menyelam di sungai Loji Kota Pekalongan pada Rabu (14/09/2022) lalu, akhirnya hari ini Minggu (18/09/2022) sekira pukul pukul 07.20 WIB berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

“Pukul 06.10 WIB korban terlihat di arah utara dalam posisi mengambang jarak dari tempat kejadian kurang lebih 50 meter, selanjutnya dievakuasi menuju RSUD Bendan Kota Pekalongan,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto. Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatkan selesai selanjutnya Tim SAR gabungan kembali kesatunnya masing- masing.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi kejadian Rabu (14/09/ 22) sekitar pukul 10.00 WIB, tiga orang pekerja melaksanakan penyelaman untuk membersihkan tritip pada lambung Kapal Motor (KM) Setia Bhakti.

Pembersihan dilaksanakan pada propailer dibagian belakang kapal. Penyelaman menggunakan kompresor dikendalian dari atas. setelah kurang lebih 30 menit korban tidak muncul ke permukaan teman korban berinisiatif menarik selang kompresor namun tak nampak Dian Sarwono diujung selang tersebut.

Diduga korban keracunan saat menghirup oksigen dari tabung kompresor yang menyebabkan korban pingsan dan terlepas dari selang hingga akhirnya hilang tenggelam.

Atas informasi tersebut Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Semarang Mulwahyono memberangkatkan 1 Tim Rescue untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan disertai peralatan SAR air dan Aqua Eye

Pencarian Tim SAR gabungan dengan metode deteksi sonar menangkap objek di bawah air dengan menggunakan Aqua Eya , penyelaman sekitar tempat kejadian radius 15 meter dan penyisiran dengan parahu karet dari tempat kejadian sampai pantai Slamaran dengan jarak kurang lebih 3 Km.

Sutrisno