blank
Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Muhammad Arif Maulana bersama para mahasiswa lain yang mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Khairun Ternate. (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Muhammad Arif Maulana mengikuti program pertukaran mahasiswa angkatan ke-2 di Universitas Khairun Ternate Provinsi Maluku Maluku Utara.

Keberangkat Alif ke Maluku dilaksanakan pada Kamis, 1/9/2022. Keberangkatan dan durasi waktu pertukaran pelajar berbeda-beda tergantung dari masing-masing Universitas. Di USM, waktu pertukaran pelajar dilaksanakan kurang lebih 4 bulan dan berakhir pada pertengahan Januari.

Alif mengatakan bahwa untuk bisa lolos program pertukaran pelajar kampus merdeka bagi mahasiswa di Jawa disarankan untuk mengambil kampus di luar jawa karna peminatnya tidak banyak. Mahasiswa akan diberikan pilihan 1 dan 2 untuk memilih kampus tujuan. Jika pilihan 1 dan 2 gagal Kemendikbut masih memberikan pilihan 3 dan 4. Terakhir pilihan 5.

Dalam memilih kampus tujuan juga perlu memperhatikan mata kuliyah di kampus tujuan sehingga bisa terkonversi. Untuk pertukaran pelajat lintas jurusan sebenarnya diperbolehkan akan tetapi proses dari konversi SKS apakah diperbolehkan atau tidak bergantung kepada Kaprodi masing-masing.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan berkas-berkas seperti surat izin orang tua, surat rekomendasi kampus, transkip nilai, BPJS, ATM BRI/BSI, dan surat kesanggupan mengikuti program pertukaran pelajar. Seleksi setelah pemberkasan adalah survey kebinekaan setelah itu tinggal menunggu pengumuman.

“Kami diberikan mata kuliyah wajib yaitu modul nusantara yaitu kunjungan ke tempat-tempat wisata, budaya, dan bersejarah. Kuliyah tersebut dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu. Ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan di luar ekspektasiku terkait dengan keadaan di luar Jawa. Untuk teman-temanku semua jangan pernah lewatkan kesempatan program-program yang telah disediakan di bangku perkuliahan,” jelasnya.

Wakil Rektor 3 USM, Dr. Junaidi berpesan kepada mahasiswa yang lolos program kampus merdeka untuk mengembangkan pengetahuannya dengan sebaik-baiknya, memanfaatkan situasi serta kondisi yang ada dan menghubungkan keilmuannya untuk kebermanfaatan bersama serta berkontribusi terkait dengan sosialisasi program kampus merdeka kepada mahasiswa USM lainnya.

Muhaimin