blank
Babinsa Serka Maryadi (kedua dari kiri), bertindak sigap 'cak-cek' membopong lansia peneirma BLT yang mengalami kesulitan berjalan.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil-03/Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, Serka Maryadi, spontan bertindak sigap cak-cek membopong seorang lansia penerima bantuan yang kesulitan berjalan. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu, dibopong menuju meja pelayanan.

Bati Tuud Koramil-03 Ngadirojo, Pelda Arifin, memberikan apresiasi atas kepedulian Serka Maryadi, yang sigap membopong lansia penerima BLT karena mengalami kesulitan berjalan tersebut. ”Sebagai prajurit yang berasal dari rakyat dan untuk rakyat, kita harus peka terhadap situasi dan peduli memberikan pertolongan kepada rakyat,” jelas Pelda Arifin.

Di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, pelayanan penyerahan BLT dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dipusatkan di Pendapa Kantor Kecamatan. BLT yang diberikan kali ini adalah untuk jatah Bulan September dan Oktober 2022.

Bersamaan itu, juga dibagikan Bansos Bulan September 2022 secara tunai melalui PT Pos Indonesia untuk warga Desa Pondok, Mloko Manis Kulon dan Mlokomanis Wetan, dengan total sebanyak 1.245 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sehingga masing-masing KPM menerima Rp 500 ribu.

Penerima BLT tidak dapat diwakilkan dan yang bersangkutan harus datang sendiri. Termasuk penerima yang sudah berusia uzur dan mengalami kesulitan berjalan.

Berperan Aktif

Dandim 0728 Wonogiri melalui Penerangan Kodim (Pendim) Pelda Indra, Jumat (16/9), menyatakan, personel Babinsa diinstruksikan untuk berperan aktif dalam memberikan pendampingan pada pelayanan BLT kepada masyarakat.

Sebagaimana yang terjadi di Balai Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri misalnya, Babinsa Sertu Leo Hariyanto tampil memberikan pendampingan pada pembagian BLT bagi 440 KPM yang dilakukan di Balai Desa Eromoko.

Danramil-06 Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Suraji melalui Bati Tuud Peltu Dedy Kurniawan, menyatakan, semua personel Babinsa diterjunkan untuk melalukan pendampingan pembagian BLT. Di Kecamatan Batuwarno, ada sebanyak 612 KPM di tujuh desa yang menerima BLT.

Dari Koramil-23 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri melaoprkan, Babinsa Sertu Sutrisno melakukan pendampingan pembagian BLT di Desa Temboro. Ada sebanyak 129 KPM di Desa Temboro yang menerima BLT.

Bambang Pur