blank
Pemain Persiku Kudus saat laga uji coba beberapa waktu lalu. foto: Persiku

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus terus bersiap mengarungi kompetisi Counterpain Liga 3 Jawa tengah 2022. Persiku yang tergabung dalam grup L bersama PSDB Demak dan Persikaba Blora akan menjalani laga perdana pada 18 September 2022 mendatang.

Berdasarkan jadwal resmi yang dirilis Asprov PSSI Jawa Tengah, pertandingan Persiku Kudus kontra PSDB Demak sekaligus akan menjadi ajang seremoni kick off perdana Counterpain Liga 3 Jateng 2022. Pertandingan tersebut akan digelar di markas Macan Muria yakni Stadion Wergu Wetan

“Untuk pertandingan Persiku melawan PSDB akan menjadi seremoni kick off perdana Counterpain  Liga 3 Jawa Tengah. Ini tentu menjadi kehormatan bagi Persiku dan seluruh masyarakat Kudus,”kata Manajer Persiku, Achmad Faisal, Kamis (15/9).

Setelah melawan PSDB Demak, Persiku akan menjalani laga kontra Persikaba Blora pada 2 Oktober 2022. Dalam laga ini, Persiku cukup diuntungkan karena Persikaba yang tidak memiliki stadion akan menggunakan stadion Wergu Wetan sebagai home basenya.

Sementara, pada putaran kedua, Persiku akan menantang PSDB Demak pada 5 Oktober 2022 di stadion Pandanaran Semarang, dan kemudian memungkasi laga grup dengan menjamu Persikaba pada 9 Oktober 2022 di Stadion Wergu Wetan Kudus.

 

No Pertandingan Hari/Tanggal Tempat
1 Persiku vs PSDB Minggu/18 Sept 2022 Stadion Wergu Wetan Kudus
2 Persikaba vs Persiku Minggu/2 Okt 2022 Stadion Wergu Wetan Kudus
3 PSDB vs Persiku Rabu/5 Okt 2022 Stadion Pandanaran Semarang
4 Persiku vs Persikaba Minggu/9 Okt 2022 Stadion Wergu Wetan Kudus

 

Kompetisi Panjang

Sementara, berdasarkan regulasi yang dirilis Asprov Jateng, Counterpain Liga 3 Jawa Tengah 2022 nanti akan menjadi kompetisi cukup panjang untuk meraih titel juara. Kompetisi akan diikuti 39 tim yang terbagi dalam 13 grup,

Setelah babak penyisihan grup yang digelar secara kompetisi penuh (full round robin), akan dilanjutkan dengan babak 18 besar yang mana pesertanya berasal dari juara di masing-masing grup ditambah dengan 5 tim peringkat kedua terbaik.

Tim yang masuk ke babak 18 besar akan dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing peserta 3 tim, untuk menjalani pertandingan dengan sistem kompetisi penuh (full round robin). Juara dari masing-masing grup ditambah dua peringkat kedua terbaik akan melaju ke babak 8 besar.

Barulah pada babak 8 besar, pertandingan akan dilakukan dengan sistem knock out. Setiap tim akan menjalani pertandingan dengan format double match-home away.

Babak semifinal serta final juga akan digelar dengan sistem yang sama yakni format double match-home aaway.

Ali Bustomi