blank
Para relawan melakukan praktik pertolongan penyelamatan korban kecelakaan di perairan. Ini dilakukan saat TRC Sidoharjo Wonogiri menggelar pelatihan peningkatan kapasitas relawan di Embung Doho, Girimarto.(Dok.TRC Sidoharjo)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Reaksi Cepat (TRC) Sidoharjo Kabupaten Wonogiri, Minggu (11/9), menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi para relawan. Yakni para insan yang memiliki kepedulian menolong korban bencana.

Pelatihan kali ini, dikhususkan pada bidang water rescue. Mencakup teknik pertolongan yang dilakukan di perairan, untuk memberikan tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien. Utamanya pada insiden yang perlu tindakan pertolongan penyelamatan di wilayah perairan.

Ketua TRC Sidoharjo, Alvian, menyatakan, pelatihan diikuti oleh sebanyak 45 orang relawan. Terdiri atas 33 relawan TRC Sidoharjo, 10 orang relawan dari Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Doho Kecamatan Girimarto dan 2 relawan dari RPG Kecamatan Girimarto.

Lokasi pelatihan di perairan Embung Doho, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Menghadirkan instruktur dan pemberi materi dari Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri. Yang personelnya terdiri atas Aisyah, Heri, Wiyanto, Teguh dan Sentot.

Para peserta pelatihan mendapatkan pembimbingan teori dan praktik. Utamanya tentang penanganan pertolongan penyelamatan pada kecelakaan di periaran.

Untuk pembimbingan praktik, digelar di perairan Embung Doho dengan menggunakan fasilitas perahu karet beserta kelengkapan pelampungnya.

Bambang Pur