blank
Bupati Joko Sutopo (deret depan kedua dari kiri) didampingi Ketua PD Muhammadiyah Kusman (kiri), melepas balon menandai event gerak jalan sehat massal Gebyar Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah Ke-48 di Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 517 ribu warga Jateng, Minggu (11/9), mengikuti gerak jalan massal sehat Gebyar Muktamar Muhammdiyah-Aisyiah Ke-48 Tahun 2022. Dari jumlah itu, 10 ribu diantaranya mengambil start-finish di halaman Gedung Olahraga (GOR) Girimandala Wonogiri.

Di Wonogiri, massa peserta diberangkatkan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Wakil Bupati Setyo Sukarno dengan didampingi Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Wonogiri, Drs Kusman MPd dan Ketua Aisyiyah Wonogiri Hj Maryatun.

Acara pembukaan, diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Sang Surya, Mars Aisyiyah dan Mars Muhtamar. Memberikan sambutan, Ketua PD Muhammadiyah Wonogiri dan Bupati Wonogiri. Kemudian dirangkai dengan pelepasan balon udara.

Massa gerak jalan sehat massal Wonogiri, lebih dulu mengikuti acara Daring dari secara virtual se Jateng, yang pelepasannya dilakukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang. Ikut mendampingi Gubernur, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng, Prof Tafsir.

Melalui jejaring zoom meeting, acara gerak jalan massal sehat se Jateng ini, terkoneksi secara streaming dengan acara serupa yang berlangsung di Kudus, yang dihadiri oleh Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.

Hadiah Umroh

Abdul Karim SH dan Sumarno SKep, dari Panitia Gerak Jalan Sehat Massal Gebyar Muktamar, menyatakan, Panitia Wonogiri menyediakan Hadiah Utama Umroh dan 4 sepeda motor. Juga menyediakan ratusan hadiah hiburan berupa aneka macam peralatan elektronik. Seperti kulkas (referigerator), mesin cuci, rice cooker, magic com, kipas angin setrika listrik dan lain-lain.

Panitia juga menyerahkan tropi kejuaraan kepada para juara lomba adzan, lomba pidato, lomba menuliskan sejarah Muhammadiyah dan lain-lain. Juga membagikan masker dalam upaya mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Pembagian hadiah, berdasarkan hasil pengundian kupon peserta gerak jalan. Itu dilakukan setelah para peserta memasuki garis finish di halam GOR Girimandala Wonogiri.

Route gerak jalan sehat massal ini, menyusuri ruas Jalan Jenderal Sudirman belok ke Jalan Ir Sutami, terus melalui ruas Jalan kampung Cubluk dan Kaloran sampai finish di GOR Girimandala.

Para personel Polres dan Kodim 0728 Wonogiri, ikut memberikan pengamanan bersama Anggota Organisasi Otonom Muhammadiyah. Yakni para pesilat Tapak Suci dan jajaran Kokam yang berseragam loreng dengan baret merah.

Bambang Pur