Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko saat membuka Inaugurasi ASN Fest 2022. Foto: Dok/Abdimuda

JAKARTA (SUARABARU.ID) – ASN muda yang tergabung dalam Abdimuda Indonesia menyelenggarakan ASN Fest 2022 pertama kalinya.

Rangkaian ASN Fest 2022 ditutup dengan Inauguras di Museum Kebangkitan Nasional oleh Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko.

Moeldoko menyampaikan apresiasi sekaligus pesan mengenai empat pedoman hidup.

“Saya senang dengan tagline-nya Abdimuda, cerdas dan kontributif. Ini luar biasa. Kalau kita bicara tentang human capital, ada empat pedoman hidup. Emotional capital, intellectual capital, spiritual capital, dan social capital,” ujarnya, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, emotional capital identik dengan mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri. Sementara intellectual capital dirumuskan melalui kecerdasan.

Moeldoko berpesan, selain emotional capital dan intellectual capital, diperlukan pula moralitas yang melekat dalam spiritual capital. Moralitas tersebut menjadi landasan untuk membangun kolaborasi dan networking.

“Empat hal itu saya titipkan kepada teman-teman sekalian. Pertama, emosional yang tertata dengan baik, lalu pandai secara intelektual, dan menjunjung tinggi moralitas, serta membuat jaringan yang luas dalam rangka menunjang tugas-tugas kedinasan. Selain keempat hal tersebut, idealisme harus senantiasa hidup sejalan dengan tema ASN Fest 2022, Mengabdi untuk Negeri,” ungkap Moeldoko.

Dalam Inaugurasi ASN Fest 2022, Moeldoko juga menyerahkan secara simbolis alat bantu untuk penyandang disabilitas.

Selain itu, juga diluncurkan buku berjudul “Kami Bukan Anak Bawang” karya ASN muda Indonesia. Tidak hanya itu, ASN Fest 2022 juga menampilkan pagelaran angklung dari anak komunitas belantara budaya Indonesia, Surat Tugas Mencari Jodoh (STMJ), virtual run for charity, tarik tambang online, dan pengecekan kesehatan secara gratis.

Sementara itu salah satu agenda yang ditunggu-tunggu dalam Inaugurasi ASN Fest 2022 adalah talkshow mengenai kesehatan dan disabilitas yang disampaikan oleh Wiradetia (Nutrifood), Fakhri Rekha Utama (Universitas Indonesia), serta Marthella Sirait (Konekin).

Selain talkshow mengenai kesehatan dan disabilitas, ASN Fest 2022 juga menampilkan talkshow mengenai peran pemuda dalam kebijakan publik yang disampaikan oleh Deni Ridwan (Kementerian Keuangan) dan Prasetya Dwicahya (Think Policy Indonesia).

ASN Fest 2022 juga dimeriahkan dengan final Stand Up Comedy. Finalis terdiri dari Gurantan Wineru, Rachmat Fachri, dan Rizal Muhammad Zaid.

“Kami berharap ASN Fest sustain menjadi agenda rutin dengan konsep yang berbeda. Dan diharapkan networking antar instansi bisa terjalin melalui ASN Fest,” kata Project Leader ASN Fest 2022, Rifky Febriansyah.

Ning Suparningsih