blank
Ilustrasi naiknya BBM. Foto: ilustrasi/Laela

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan suatu materi yang bisa diubah menjadi energi atau terbuat dari minyak bumi.

Biasanya BBM mengandung zat panas yang dapat dimanipulasi. Sedangkan BBM saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat.

Laela Umi Latifah, mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang mengungkapkan, selain BBM, minyak bumi juga bisa diolah menjadi beberapa kebutuhan lain yang berbeda-beda. Namun semenjak pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM, rakyat menjerit karena harga menjadi cukup tinggi dibanding sebelumnya.

Menurutnya, hampir semua organisasi mahasiswa melakukan demo di berbagai daerah. Mulai dari HMI hingga PMII. Di samping itu, beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga ikut melakukan aksi serupa.

Diketahui, harga BBM jenis Pertalite sebelumnya Rp.7.650 per liter menjadi Rp. 10.000, solar subsidi dari Rp. 7.650 per liter menjadi Rp.10.000. Pertamax juga mengalami kenaikan dari Rp.12.500 menjadi Rp.14.500. Untuk kenaikan harga BBM sendiri tergantung dari Provinsi masing masing.

Kali ini Laela memberikan tips untuk menghemat bahan bakar kendaraan, apa saja?

1. Service kendaraan secara berkala

Melakukan service kendaraan secara rutin bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Melakukan service minimal 3 bulan sekali untuk pencapaian 5000 Km, maka saluran bahan bakar akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

2. Periksa tekanan angin pada ban

Selain mesin, tekanan angin pada ban juga harus dicek. Karena setiap roda berputar, permukaan jalan akan menopang beratnya kendaraan tersebut. Tekanan angin yang kurang akan membuat pemborosan bahan bakar.

3. Kurangi beban pada kendaraan

Terlalu banyak beban akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Jadi bawalah barang yang penting saja saat bepergian.

Ning Suparningsih