JEPARA(SUARABARU.ID) – Peringatan hari lahir ke-65 Yapi Nahdlatul Fata (Nafa) Petekeyan yang sudah dilaksanakan sejak awal tahun pelajaran 2022/2023, segera memasuki puncaknya.

Pada puncak acara harlah yang jatuh pada Selasa, 20 September 2022, akan digelar Nafa Bershalawat dan peluncuran buku The Legends of Jepara karya Muhaimin, salah satu guru MTs-MA Nahdlatul Fata, Desa Petekeyan, Kecamatan Tahunan

“Acara yang akan kami gelar di depan kantor yayasan di kompleks PAUD-RA Unggulan Jalan Paving, Petekeyan, akan menghadirkan Al Habib Muhsin bin Abdul Qodir Alaydrus dan Sayyid Musthofa Al Anggawi yang akan mengajak ribuan Muhsinnizer (penggemar Habib Muhsin: red) untuk bersenandung sholawat,” kata ketua panitia,Subekhan.

Terkait peluncuran buku, Subekhan menyebut, tradisi literasi tumbuh dengan baik di Yapi Nahdlatul Fata. Setiap event harlah selalu ada kegiatan launching buku karya dewan guru yayasan tersebut.  Tahun ini pihaknya mempertahankan tradisi literasi dengan meluncurkan buku The Legends of Jepara karya keempat Muhaimin MPd.

“Kami terus mendorong tumbuh kembangnya tradisi menulis di kalangan guru. Pada peringatan harlah ke-60 di-launching buku Azimat Cinta, Antologi Puisi karya Subekhan dan Innaka M. Mursalin. Pada harlah ke-63, di-launching dua buku Cintaku Bersama Beselit Sahabatku karya H. Nur Khandir dan  Kado untuk Sahabat, Antologi Puisi karya Subekhan,” tambah Pembina Yapi Nahdlatul Fata, H. Nur Khandir.

Dalam rangkaian harlah Yapi Nahdlatul Fata, masing-masing lembaga di bawah naungan yayasan itu menggelar kegiatan penyambutan.. Ada fun bike yang dilaksanakan oleh MTs-MA NU Nahdlatul Fata, berbagai lomba yang digelar PAUD -RA Unggulan Nafa, di MI Nahdlatul Fata, dan lembaga lainnya. Kemeriahan kegiatan tampak terasa saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dibarengkan dengan kegiatan menyambut harlah ke-65 Yapi Nahdlatul Fata.

Yayasan Pendidikan Islam Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara di samping mengelola unit pendidikan, PAUD-RA Unggulan, MI, MTs, MA, Madin Awwaliyah, pondok pesantren, juga mengelola Koperasi Serba Usaha Nafa Takaful.

“Insyaallah Tahun Pelajaran 1444/1445 akan dibuka Madrasah Diniyah Wustho, madrasah lanjutan Madrasah Diniyah Awwaliyah,” katanya.

Di usianya yang ke-65 Yapi Nahdlatul Fata Petekeyan terus berusaha memberikan pelayanan prima kepada para user, pemangku kepentingan terutama masyarakat. Kelas unggulan Tahfidzul Qur’an telah dibentuk di MI, MTs-MA NU Nahdlatul Fata. Sedangkan di PAUD-RA Unggulan Nafa mengambil unggulan kelas digital.

Program lain yang telah dilaksanakan Yapi Nahdlatul Fata adalah program linieritas guru mapel dan peningkatan mutu dewan guru melalui program S2 bagi dewan guru. Program S2 untuk dewan guru telah menyasar 8 guru dan pada Tahun Akademik 2022/2023 akan menyusul 2 guru yang mengikuti program S2. Sedangkan program linieritas telah diikuti oleh 5 guru. “Program S2 dan Linieritas adalah salah satu program capacity building untuk dewan guru agar cakap dan cerdas merespon dinamika pendidikan.” Papar H. Maskan, ketua Yapi Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara.

Hadepe-Subekhan