blank

SUARABARU.ID Mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula lolos dalam seleksi pendanaan penelitian dari Kemedikbud Ristek dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022. Mereka adalah Arinda Ayudya Putri Riyanto, Salsabilla Syeria Suryaningtyas, dan Laila Rahmania.  Ketiganya dibimbing oleh dosen Erni Agustina Setiowati SPsi MPsi Psikolog.

Penelitian yang mereka lakukan adalah berdialog dengan lavender: strategi untuk meningkatkan harga diri korban kekerasan seksual. Penelitian yang memperoleh penadanaan sebesar Rp 6.4 juta tersebut dilaksanakan pada bulan Juni-September 2022.

Ide penelitian ini berawal dari keprihatinan akan tingginya kasus kekerasan seksual di Indonesia sehingga menggugah mereka untuk berupaya mencari solusi dari masalah yang timbul pasca seseorang mengalami kekerasan seksual. “Menjadi korban tindak kekerasan seksual dapat menyebabkan korbannya merasa malu dan merasa dirinya tidak berharga lagi” Jelas Laila Rahmania.

Masih menurut Laila bahwa terapi yang mereka gunakan berangkat dari teori plant therapy (terapi tanaman) yang dapat membantu meningkatkan harga diri individu, yang kemudian dikembangkan lagi oleh tim peneliti melalui interaksi aktif dengan tanaman agar membantu proses pertumbuhan tanaman. Plant therapy sebelumnya pernah digunakan untuk meningkatkan harga diri rendah dan juga untuk mengatasi stres.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak tujuh perempuan yang mengalami kekerasan seksual. Mereka sangat antusias dan mampu menyadari bahwa selama proses menanam dan berdialog dengan lavender dan seolah-olah memiliki “teman baru” yang dapat diajak bercerita secara leluasa.

Lavender plant therapy ini memberikan pengalaman baru bagi partisipan terkait diri mereka dan merasakan nyaman serta berharga. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini nantinya diharapkan mampu memberi kontribusi kepada masyarakat dan menjadi alternatif solusi pada perempuan yang mengalami permasalahan serup.  Selain itu, adanya dukungan penuh dari Fakultas Psikologi Unissula juga dapat menunjang mahasiswa untuk terus mencetak prestasi, bermanfaat bagi masyarakat, dan juga menjadi lulusan dengan kompetensi yang unggul.