blank
Prosesi wisuda ke-43 Unsiq Jateng di Wonosobo di Gedung Poedjihardjo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo, Selasa (30/8/2022), mewisuda 908 lulusan di Gedung Poedjihardjo Kampus II Unsiq di Munggang Mojotengah Wonosobo.

Wisudawan sebanyak itu berasal dari program pasca sarjana, sarjana dan diploma tiga (D3). Yang istimewa, sejumlah 503 lulusan dari berbagai program studi dan fakultas, dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Mahasiswa yang dinyatakan cumlaude merah indek prestasi kumulatif (IPK) terendah 3,5 dan tertinggi ber-IPK 3,9. Adapun 8 wisudawan meraih prestasi terbaik secara akademik dan 4 alumni lulus terbaik tahfidz (penghafal Al Quran 30 juz).

Lulusan terbaik tahfidz diraih Anisa Isnaeni Alh (S2 Ilmu Alquran dan Tafsir/FPS), Diah Lailatul Qodariyah Alh (S1 PGMI/FITK), Masngudah Alh (S1 Ilmu Alquran dan Tafsir/FSH) dan Fitri Nurhidayah Alh (S1 Perbankan Syariah/FSH).

Sedang lulusan terbaik akademik yakni Amin Ma’ruf (S2 Ilmu Alquran dan Tafsir-FPS/IPK 3,83), Afria Ulin Nuha (S1 PIAUD-FITK/IPK 3,96), Fatmi Isrotun Nafisah (S1 KPI-FKSP/IPK 3,84) dan Annisa’ Setyaningsih (SI Ilmu Hukum-FSH/IPK 3,91).

Selanjutnya, Maulida Saharany Amalia Putri (D3 Keperawatan-Fikes/IPK 3,85), Khusnul Khotimah (S1 Akuntansi-FEB/IPK 3,93), Najiyah (S1 Sastra Inggris-FBS/IPK 3,93) dan Dama Primanda (S1 Arsitektur-FTIK/IPK 3,88).

Dua Kali

blank
Para wisudawan saat mengikuti profesi wisuda ke-43 di Gedung Poedjihardjo Unsiq Jateng di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr H Z Sukawi MA, menyatakan wisuda ke-43 kali ini dilakukan dua hari berturut-turut. Selasa (30/8) hari ini wisuda untuk lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik (FKSP) dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Sedang di tempat yang sama besok Rabu (31/8) dilakukan wisuda untuk lulusan Fakultas Pasca Sarjana (FPS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (Fastikom) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes).

Dr H Z Sukawi MA meminta para wisudawan untuk terus mengembangkan ilmu di masyarakat, meraih mimpi dan menggali potensi dengan ilmu, keahlian dan ketrampilan yang telah didapat di bangku kuliah.

“Dinamika perkembangan ilmu dan teknologi saat ini tengah mengalami lompatan yang luar biasa. Kini semua berada di era smart society. Karena itu, alumni Unsiq harus bisa menjadi agen solusi terhadap fenomena kehidupan dan kemajuan ilmu dan tehnologi yang ada,” tegasnya.

Ketua Kopertais Wilayah X Jateng Prof Dr KH Imam Taufik, MA yang hadir dalam kesempatan tersebut menandaskan, Unsiq termasuk perguruan tinggi swasta yang punya ciri khas tersendiri karena berbasis mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan universitas modern.

“Kopertais Jateng membawai 58 kampus. Unsiq salah satu yang unggul. Sebab, merupakan universitas yang transformatif, humanis dan Qurani. Jika ingin sukses di era 5.0 semua harus kreatif, berfikir kritis, komunikatif dan mampu membangun kolaborasi,” pungkasnya.

Muharno Zarka