blank
Setyo Irawan, Kepala Bidang Pemasaran Disporapar Provinsi Jawa Tengah di kantornya Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang, Selasa (30/8/2022). Foto : Absa

“Jadi tiap tahun itu dari Provinsi (Jawa Tengah) mengajukan event-event yang akan masuk ke Karisma Event Nusantara. Tahun 2022 ini, dari 11 event yang diajukan dan disetujui 5 event. Salah satu contohnya, mulai tanggal 2-4 September nanti di Dieng ada namanya Dieng Culture Festival, yang memotong rambut gimbal itu,” paparnya.

“Ditanggal yang sama, juga digelar Festival Payung Indonesia di Surakarta, kemudian ada SIPA ditanggal 8-10 September 2022. SIPA itu Solo Internasional Perform Art. Lalu kemudian di Semarang ada Festival Kota Lama ditanggal 12-15 September 2022,” imbuh Setyo.

Sedang untuk daerah tujuan wisata yang paling menonjol, imbuhnya, adalah Candi Borobudur, yang masuk dalam 5 besar destinasi super prioritas di Indonesia. Kemudian disusul Kota Lama Semarang dan untuk wisata pantai yang paling menonjol adalah di daerah Kebumen dan sekitarnya.

Setyo Irawan juga mengatakan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dihasilkan dari sektor pariwisata, Disporapar Provinsi Jawa Tengah menyumbang sekitar 2,95 persen. Ada penurunan prosentase dibandingkan tahun 2019 lalu, akibat pandemi Covid-19.

“Karena tahun 2022 ini proses upaya pemulihan ekonomi, ya diharapkan target PDRB yang dapat diperoleh dari sektor pariwisata ya minimal sama lah dengan tahun lalu (2021),” harapnya.

Absa