blank
Ilustrasi darah uji coba glukosa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi, dan beberapa di antaranya mengancam jiwa. Karenanya, penting untuk mengelola kondisi ini.

Dilansir dari Suara.com, bersamaan dengan pengobatan yang tepat dan perawatan dokter, penderita diabetes juga perlu menjaga gaya hidupnya.

Menyadur The Health Site, berikut empat cara alami menurunkan kadar glukosa dalam darah bagi penderita diabetes:

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan terkendali, tetapi juga membantu mengelola masalah kesehatan kronis.

Olahraga dapat meningkatkan sensivitas insulin, yang artinya tubuh dapat lebih efektif menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah.

2. Kurangi asupan karbohidrat

Tubuh memecah karbohidrat dan mengubahnya menjadi gula, terutama glukosa. Sementara insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya untuk menghasilkan energi.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Olahan Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Jadi, jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada kadar gula darah. Tapi, ketika karbohidrat yang dikonsumsi banyak atau memiliki masalah fungsi insulin, proses total ini gagal, dan kadar glukosa darah menjadi tinggi.

3. Konsumsi lebih banyak serat

Seperti yang selalu dikatakan para ahli, diet kaya serat adalah sahabat terbaik bagi penderita diabetes.

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga meningkatkan kadar gula darah secara bertahap.

Baca Juga: Enam Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

4. Tetap terhidrasi

Penderita diabetes harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ini melindungi sel dari kerusakan serta membantu organ bekerja lebih baik.

Minum cukup air juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula dalam bentuk urin.