blank
Pria yang sedang galau, memikirkan harus peduli kepada orang lain atau tidak. Foto: Islam Kafah

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sesuatu yang tidak penting sebaiknya jangan terlalu dipedulikan, karena masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan.

Hidup itu tidak selamanya mengutamakan kepedulian. Untuk itu kamu perlu memilah mana yang harus di prioritaskan dan mana yang tidak.

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa hal dalam hidup yang sebenarnya tidak harus kamu pedulikan.

1. Kata orang

Siapa diantara kamu yang masih suka risih kalau dengar kata orang? Satu hal penting yang perlu kamu tahu adalah kamu tidak perlu terlalu mempedulikan kata orang diluar sana.

Meskipun orang tersebut memberi saran, kamu juga tidak harus selalu menerimanya. Kalau kamu merasa bisa menerimanya, maka terimalah, kalau tidak juga tidak masalah. Tetap berjalan sesuai dengan kondisi dan keinginan diri sendiri adalah pilihan terbaik.

2. Kekurangan fisik

Kalau kamu terlalu memikirkan kekurangan fisik pasti tidak akan ada habisnya. Percaya atau tidak, kekurangan fisik akan selalu ada kalau dicari.

Kamu perlu menumbuhkan rasa bersyukur. Memperbaiki kondisi fisik memang tidak ada salahnya, tapi kalau kamu terus mencari kekurangannya, maka tidak akan ada habisnya.

3. Proses yang tak sama dengan orang lain

Setiap orang memiliki proses yang tak sama, jangan terus membandingkan dirimu dengan orang lain. Bukannya termotivasi, bisa jadi kamu malah jadi iri pada orang tersebut. Bahkan merasa tertekan. Entah seberapa banyaknya, yang terpenting adalah kamu terus berproses.

4. Random thoughts

Kamu tidak perlu terlalu mempedulikan random thoughts atau pikiran acak. Pikiran yang muncul sekilas itu sering membuat kamu jadi overthinking, bahkan terkadang jadi overthinking yang tidak penting.

5. Masalah orang lain

Kamu tidak harus tahu dan tidak harus selalu bisa membantu masalah orang lain. Ingat, kamu sendiri punya urusan yang harus diselesaikan.

Kamu tidak perlu terlalu ikut campur pada masalah orang. Tidak masalah kalau kamu ingin membantu, tapi yang pertama kamu tetap harus menyelesaikan tanggung jawabmu sendiri, baru setelah itu membantu orang lain.

Nah, itu tadi beberapa hal dalam hidup yang tidak harus selalu kamu pedulikan. Kita harus memilih mana yang perlu kamu prioritaskan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat..

Ning Suparningsih