blank
Pemain Persiku bernomor punggul 11, Khoirul Anam mendapat ucapan selamat dari rekannya usai mencetak gol kedua Persiku. foto: Persiku/Fussbalshot.com

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus sukses meraih kemenangan dalam uji coba resmi pra kompetisi kontra PPSM Magelang. Dalam laga yang digelar Stadion Wergu Wetan, Sabtu (27/8) tersebut, Macan Muria sukses menang dua gol tanpa balas.

Bermain di hadapan ribuan suporter setianya, anak asuhan pelatih M Irfan sedikit kurang panas dalam mengawali pertandingan. Apalagi, PPSM juga memberikan pressure yang cukup ketat sehingga Ibnu Yahya dkk kurang bisa mengembangkan permainan.

Namun perlahan tapi pasti, permainan Persiku mulai terbentuk di pertengahan babak. Beberapa kali tusukan dari sisi sayap sempat merepotkan pertahanan PPSM.

Hingga di menit 25, gol Persiku pun tercipta. Berawal dari lemparan jauh dari sisi kiri penyerangan, bola halauan pemain PPSM jatuh ke kaki Ahmad Rizal. Melalui kemampuan individunya, Rizal mengelabui pemain belakang PPSM dan menyudahi dengan tendangan keras yang menghujam ke gawang.

Berhasil unggul satu gol, membuat pemain Persiku terus meningkatkan intensitas permainan. Sebuah peluang di akhir babak ketika tendangan pemain Persiku membentur tiang gawang.

PPSM bukannya tanpa peluang. Beberapa kali serangan balik sempat merepotkan pemain belakang Persiku. Bahkan ada pula sepakan pemain PPSM yang nyaris berbuah gol karena hanya membentur mistar gawang.

Di babak kedua, pelatih M Irfan nampaknya memberikan instruksi khusus agar anak asuhnya terus menekan. Strategi ini memaksa pemain PPSM sedikit bermain keras dan beberapa kali melakukan pelanggaran berbahaya. Bahkan, seorang pemain PPSM terpaksa harus diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua akibat pelanggaran keras kepada Ibnu Yahya di sisi kiri penyerangan.

Keunggulan pemain tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Persiku. Melalui penetrasi di dalam kotak penalti pada menit 58, Ibnu Yahya berhasil melakukan umpan cut back yang berhasil diselesaikan oleh M Khoirul Anam. Skor berubah 2-0.

Meski terus menguasai jalannya pertandingan, namun skor tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Evaluasi Kelemahan

Usai pertandingan, pelatih Persiku M Irfan mengaku cukup puas dengan performa yang ditampilkan anak asuhnya di laga ini. Meski berlabel uji coba dan bertujuan untuk mematangkan komposisi tim, namun para pemain sukses memberikan kemenangan.

“Saya cukup puas, meski ada banyak evaluasi yang harus kami lakukan. Yang terpenting, anak-anak tampil bagus dan memberikan kegembiraan bagi suporter dan masyarakat Kudus dengan hasil kemenangan,”tandasnya.

Irfan mengatakan, ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki diantaranya soal fisik dan kecepatan dan ketepatan pemain dalam mengambil keputusan.

Evaluasi juga akan dilakukan dengan menganalisa rekaman pertandingan untuk memberikan pemahaman kepada pemain sisi kelemahan yang harus segera diperbaiki.

Sementara, Manajer Persiku Achmad Faisal juga cukup puas penampilan Persiku di laga uji coba ini. Meski demikian, perbaikan harus terus dilakukan agar Persiku bisa tampil maksimal saat kompetisi mendatang.

Faisal juga memberikan apresiasi  atas antusiasme Suporter Macan Muria yang memberi semangat kepada tim kebanggaannya. Menurutnya, kehadiran para suporter mampu meningkatkan atmosfer pertandingan dan memberi spirit khusus kepada pemain untuk menampilkan permainan terbaik.

Ali Bustomi