blank
Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin didampingi Kadiv Administrasi, Jusman mengikuti penutupan Latsar CPNS yang digelar BPSDM Kumham secara virtual, Jumat (26/8/2022). Foto: Dok/Humas Kumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin mengikuti penutupan Latsar CPNS yang digelar oleh BPSDM Kumham secara virtual, Jumat (26/8/2022).

Dalam penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II T.A 2022 ini, Kakanwil didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Jusman di ruang kerja Kakanwil.

Menurut Yuspahruddin, usai menjalankan Full Distance Learning atau Pembelajaran Jarak jauh selama 70 hari kerja, seluruh peserta Pelatihan Dasar CPNS Gelombang II T.A. 2022 resmi menyelesaikan pelatihan dasar yang menjadi persyaratan utama untuk dapat menghilangkan ‘Calon’ pada gelar mereka, dan sepenuhnya menjadi PNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Sementara itu Kepala BPSDM Kemenkumham yang diwakili Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan, Eko Budianto menyampaikan tujuan dari Latsar CPNS tersebut.

“Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan secara khusus untuk memberikan pengetahuan dalam membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika PNS, guna membangun aparatur negara yang handal dan tangguh,” tuturnya.

“Selain itu disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan, negara, bidang tugas dan budaya organisasinya, diharapkan mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” ungkap Eko.

Menurutnya, pendidikan yang diberikan kepada peserta Latsar CPNS adalah pendidikan dasar yang mengintegrasikan 2 kompetensi inti, yaitu kompetensi yang berkaitan dengan nilai-nilai dasar CPNS yang menyangkut akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, dan kompetensi bidang yang terdiri dari tugas-tugas pokok pegawai negeri sipil.

“ASN yang profesional dan berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi, sehingga mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu dan mengedepankan kepentingan publik,” ujarnya.

Eko mengatakan, dalam penutupan latsar ini diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan 11 Kantor Wilayah Kemenkumham.

Ning Suparningsih