blank
Para personel Babinsa di jajaran Kodim 0728 Wonogiri, berperan aktif dalam memberikan pendampingan suksesnya pelaksanaan BIAN di wilayahnya masing-masing.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodim 0728 Wonogiri, berperan aktif dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Pelda Indra, Rabu (24/8), menyatakan, imunisasi anak melalui BIAN dilaksanakan untuk mencegah timbulnya Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Juga sebagai kiat menyiapkan generasi yang sehat berkualitas sebagai harapan bangsa.

Berkaitan hal tersebut, semua personel Babinsa aktif memberikan pendampingan pada pelaksanaan BIAN di wilayahnya masing-masing. Sebagaimana dilakukan Babinsa Pelda Suef dari Koramil-06 Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri misalnya, bersama personel Bhabinkamtibmas setempat, aktif memberikan pendampingan kepada petugas immunator dari Puskesmas Batuwarno.

Ikut terlibat dalam pemberian imunisasi dalam pelaksanaan BIAN, Bidan Desa Lasmari bersama para Kader Posyandu Desa Sumberagung, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri. Pemberian imunisasi pada anak digelar di Gedung Balai Desa Sumberagung.

Pasar Nguneng

Demikian halnya yang terjadi di wilayah Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri. Anggota Babinsa Koramil-24/Puhpelem Serma Dadang, aktif memberikan pendampingan BIAN yang dipadukan dengan pelayanan kesehatan dan gizi bagi balita melalui kegiatan Posyandu.

Danramil-24 Puhpelem, Kapten (Arm) Agus Setyono, menyatakan, pendampingan yang diberikan personel Babinsa, sebagai wujud nyata kepedulian TNI dalam ikut serta mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat. Menjadi bagian tugas kewilayahan di lingkup teritorialnya masing-masing.

Kegiatan tersebut, melibatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas, digelar di Pasar Desa Nguneng. Pelayanan yang diberikan antara lain penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan.

Juga melalukan evaluasi tumbuh kembang anak, pemberian imunisasi, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bergizi dan pemberian vitamin. Tim Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil.

Bambang Pur