blank
BIAN di Kampung Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, memberikan pelayanan bernilai 'plus' kepada para balita. Pelayanan berlangsung di rumah warga milik Sugino.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Para Balita yang mengikuti Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, mendapatkan pelayanan bernilai ‘plus.’ Karena juga memperoleh Pemberian Makanan Tambahan (PMT), buah pisang, kue kroket dan sayur kentang.

Juga tidak hanya memperoleh imunisasi dan pemberian vitamin A, tapi mereka memperoleh pula obat cacing, pelayanan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat anak. Pelayanan ini, dibakukan menjadi satu paket pemberian layanan di Posyandu. Kepada keluarga pemilik balita, diberikan pula edukasi tentang pentingnya membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Harapannya, anak sebagai generasi penerus bangsa, dapat tumbuh sehat sesuai harapan, terhindarkan dari penyakit dan ancaman stunting atau gagal tumbuhkembang.

Tokoh masyarakat Kampung Madyorejo, Begug Suwarman, menyatakan, pelayanan BIAN digelar di rumah Sugino. Tepatnya di tepi Ruas Jalan Semeru, di selatan masjid Al-Falah Madyorejo RT 01/RW 07, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo.

Tampil memberikan pelayanan, Bidan Desa, Wiwik, bersama 4 tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Sukoharjo, dibantu oleh para Kader Posyandu yang datang dari 2 wilayah Rukun Warga (RW) 07dan RW 08 berjumlah 12 orang. Mereka memberikan pelayanan sebanyak 51 balita.

Ikut hadir Ketua RT Joko Sarjana dan Kepala Lingkungan (Kaling) Madyorejo Kurniawan Rosidi. Bidan Desa, Wiwik, menyatakan, pemberian imunisasi, vitamin A dan obat cacing serta PMT, bertujuan untuk menjadikan anak sehat dan kuat serta tidak mudah terserang penyakit.

Bambang Pur