blank
Karnaval Budaya di Desa Sumanding Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Desa Sumanding Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, menggelar Karnaval Budaya dengan tema “Rajut Persatuan dalam Kebhinekaan” di Balai Masyarakat Sumanding pada Minggu (21/08/2022).

Kepala Desa Sumanding, Afif Fathurrahman, S.H sangat mengapresiasi seluruh stakeholder wilayah yang telah mendukung kegiatan tersebut. Masyarakat juga sangat antusias dan ikut serta meramaikan kegiatan Karnaval Budaya.

“Terimakasih kepada seluruh panitia yang ikut berkontribusi dalam mempersiapkan kegiatan ini, semoga tahun depan Karnaval Budaya ini semakin meriah lagi”, ungkap Kepala Desa Sumanding dalam sambutannya.

Kegiatan tersebut di mulai pukul 08.00 WIB di Lapangan Sepak Bola Sumanding. Setiap RT langsung menempatkan diri untuk mengambil nomor urut untuk menampilkan yel-yel di depan Dewan Juri dan akan dinilai langsung oleh Dewan Juri yang tentunya sudah berpengalaman dalam Bidang Seni.

Setelah penampilan yel-yel, setiap RT langsung menuju ke transportasi masing-masing yang sudah dirangkai dengan hiasan yang nantinya juga akan dinilai oleh Dewan Juri. Kemudian langsung berjalan mengelilingi desa dan dikawal oleh Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) MA Matholi’ul Falah Sumanding untuk menuju ke Bumi Perkemahan Sumanding untuk pembagian dorprize dan hadiah dengan hiburan Reog “Setyo Budoyo”.

“Harapan saya dengan adanya Karnaval Budaya ini, sesuai tema Rajut Persatuan dalam Kebhinekaan; meskipun dari perwakilan antar RT yang memiliki ciri, kelompok, karakter berbeda, namn, bisa sama-sama bersatu dan berkumpul memeriahkan kegiatan Karnaval Budaya Desa”, ujar  Hanif Fatkhur Aziz Panitia Karnaval Budaya.

“Yang kedua, mendorong kreativitas atau inovasi warga dengan kreasi kostum, dekorasi mobil, yel-yel dan lain sebagainya. Tiga, menyemarakkan HUT RI Ke-77. Empat, memberikan wadah pengembangan bagi kader muda, untuk ikut serta dalam kepanitiaan agar menjadi pemuda yang siap, sigap dam cakap. Lima, sebagai bentuk hiburan bagi warga Desa Sumanding khususnya dan luar pada umunya”, pungkas Hanif.

ua/Faizah