blank
Bupati Arif Sugiyanto menjadi Pembina Upacara Peringatan Hai Jadi Kebumen ke 393, Minggu 21/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Pemkab Kebumen menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393 di Alun-alun Prembun, Minggu (21/8).

Ini merupakan kali pertama upacara peringatan hari jadi kabupaten dilaksanakan di wilayah paling timur dari Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bertindak sebagai pembina upacara, dan turut dihadiri mantan Bupati Kebumen Amin Soedibyo, Forkompimda, kepala OPD dan jajaranya, serta para camat dan jajarannya. Mereka mengenakan baju adat Jawa.

Bupati menyatakan, Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393 tahun ini berbeda karena diadakan di Prembun. Hal ini karena Prembun merupakan pintu gerbang masuknya Kabupaten Kebumen dari sisi timur, dan menjadi wilayah strategis.

blank
Bupati Arif Sugiyanto menyerahkan Tropi kepada pemenang lomba inovasi desa pada Upacara Hari Jadi Kebumen di Prembun 21/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

“Kenapa dari Prembun, tentu kita memaknai layaknya matahari terbit dari sebelah timur. Semangatnya dimulai dari sini, kita akan perkuat ekonomi masyarakat dari timur sampai barat, dari utara sampai selatan,”ujar Arif Sugiyanto.

Miliki Hymne dan Mars Kebumen

Bupati juga menyampaikan banyaknya capaian yang sudah diraih oleh Pemkab Kebumen. Termasuk yang terbaru adalah dikumandangkannya lagu hymne dan mars Kebumen, serta dikibarkanya panji-panji 26 kecamatan.

“Alhamdulillah pada hari jadi Kebumen tahun ini kita sudah punya hymne dan mars Kebumen yang sebelumnya belum pernah ada. Kemudian tadi juga dikibarkan bendera panji-panji kecamatan. Semua ini merupakan cermin dari jati diri masyarakat Kebumen,”ucap Arif Sugiyanto.

Pada kesempatam itu juga dilaksanakan penandatangan prasasti dan hibah beberapa benda bersejarah peninggalan mantan Bupati Kebumen RM. Said, sekaligus pemberian penghargaan kepada sejumlah dinas berprestasi dengan inovasi dan pelayanan masyarakatnya.

Lalu pemberian hadiah kepada pemenang lomba desain logo Hari Jadi Kebumen ke 393 kepada Riyan Sumarno. Ada juga pemberian hadiah kepada pemenang lomba cipta menu makanan sehat mewakili desa dan kelurahan yang ada di Kebumen.

Kemudian penyerahan lomba inovasi desa tingkat kabupaten dengan hadiah mobil. Ada 12 desa yang berhasil ditetapkan sebagai pemenang lomba inovasi desa dengan hadiah yang telah disiapkan oleh pemerintah. Bupati menyatakan, lomba akan diadakan tiap tahun.

“Tadi sudah kita berikan juga hadiah mobil untuk 12 desa yang menjadi pemenang dalam lomba inovasi desa. Ini adalah mobil operasional yang digunakan untuk kepentingan desa, dan pada tahun depan akan kita adakan lagi,”imbuh Arif Sugiyanto.

Bupati juga menyerahkan beasiswa bagi siswa kurang mampu secara simbolis untuk jenjang SD dan SMP, serta penyerahan penghargaan untuk juara lomba-lomba Disdikpora, sekaligus penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada sejumlah PNS Pemkab Kebumen.

Komper Wardopo