blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH foto bersama dengan perwakilan dari Pemkab Merauke seusai penandatanganan kerja sama dengan USM. (foot:dok)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabaputen Merauke menjalin kerja sama di bidang pendidikan dengan Universitas Semarang (USM).
Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dilakukan di di ruang siding Gedung Prof Muladi USM, baru-baru ini.

”Kerja sama ini dilakukan karena ada program beasiswa dari Pemkab Merauke kepada warganya yang akan melanjutkan pendidikan tinggi, yang kemudian mempercayakan kuliahnya ke Universitas Semarang,” kata Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Jangka waktu kerja sama adalah 5 (lima) tahun. Dalam perjanjian kerja sama ini program pendidikan yang dituju adalah program pendidikan Sarjana (S1). Dalam perjanjian ini ada hak dan kewajiban dari masing-masing pihak.

Menurutnya, hak dari Pemkab Merauke antara lain mendapatkan SDM yang mempunyai kompetensi sesuai dengan program pendidikan S1 dan mendapatkan informasi perkembangan mahasiswa jalur kerja sama selama mengikuti Program Pendidikan Sarjana (S1) yang telah disepakati.

Sedangkan kewajiban dari Pemkab Merauke adalah melakukan seleksi administrasi terhadap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus kepada USM. Selain itu juga memberikan biaya pendidikan bagi mahasisa yang sedang mengikuti pendidikan di USM, dan mengadakan koordinasi dalam rangka monitoring dan evaluasi terkait perkembangan proses pembelajaran mahasiswa.

”Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Merauke yang telah mempercayakan pendidikan warganya di USM. Saya berharap, kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. Kami juga berharap kabupaten-kabupaten lain juga dapat melakukan kerja sama pendidikan di USM,” tandas Junaidi.

Muhaimin