blank
Suasana upacara peringatan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI yang digelar para penyandang disabilitas Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Puluhan penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) menggelar upacara HUT ke 77 kemerdekaan RI, di balai desa Mlatilor, Kecamatan Kota, Rabu (17/8).

Tak hanya itu, mereka juga memeriahkan perayaan kemerdekaan RI tersebut dengan menggelar lomba-lomba khas 17 an.

Pelaksanaan upacara sendiri digelar bertepatan dengan detik-detik Proklamasi pada pukul 10.00 WIB. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua FKDK Rismawan Yulianto.

Sementara, sebagai petugas upacara hingga peserta adalah seluruh anggota FKDK. Kekurangan fisik yang dialami penyandang disabilitas tersebut tak mengurangi kekhidmatan mereka menjalani upacara.

blank
Lomba balap kelereng dengan kursi roda para penyandang disabilitas Kudus. Foto:Ali Bustomi

Beberapa diantara mereka bahkan ada yang mengikuti upacara dengan menggunakan kursi roda hingga penyangga kaki.

Dalam amanat saat upacara, Rismawan mengatakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini sebagai wujud rasa cinta tanah air para anggota FKDK.

Meski tidak memiliki fisik yang sempurna, namun para anggota FKDK juga tak mau kalah dalam mengekspresikan suka cita atas perayaan kemerdekaan.

Dan yang lebih penting, kata Rismawan, melalui upacara ini, diharapkan para penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan kemerdekaan inklusi bagi mereka.

blank
Lomba makan kerupuk penyandang disabilitas Kudus juga berlangsung meriah. Foto:Ali Bustomi

“Sudah saatnya para penyandang disabilitas bisa memperoleh kemerdekaan inklusi, kemerdekaan mendapatkan hak-haknya sebagaimana warga negara lainnya,”paparnya.

Sementara, usai pelaksanaan upacara, kemeriahan perayaan HUT ke 77 Kemerdekaan RI dengan aneka lomba. Beberapa lomba diantaranya balap kelereng dengan kursi roda, lomba makan kerupuk, merias wajah serta serangkaian lomba khas 17 an lain yang dikemas khusus bagi penyandang disabilitas.

Ali Bustomi