blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjadi Irup Peringatan HUT ke-77 RI di Pendopo Kabumian Rabu 17/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Kemerdekaan ke 77 RI, Pemerintah Kabupaten Kebumen bakal kembali mengadakan karnaval kebudayaan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaian hal tersebut usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di Pendopo Kabumian, Rabu (17/8) pagi.

Bupati menuturkan, perayaan karnaval juga sekaligus memperingati Hari Jadi Kebumen ke 393 yang jatuh pada 21 Agustus 2022. Karnaval bakal melibatkan OPD, pemerintah kecamatan, serta elemen masyarakat.

“Karnaval akan kita adakan Minggu 21 Agustus jam 14.00. Jajaran OPD, pemerintah kecamatan dan masyarakat akan kumpul di Stadion Candradimuka, melewati Jl Dr Moehiman, HM Sarbini, Merdeka Utara, Sutoyo, Kusuma, Sukarno-Hatta dan berakhir di Alun-alun Kebumen,”terang Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama Forkompimda dan Paskibra usai Upacara HUT RI Rabu 17/8. di Pendopo Kabumian.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Pada karnaval budaya ini, nanti bakal ada arak-arakan panji-panji 26 kecamatan. Bersyukur kali ini, pemerintah kecamatan mempunyai panji-panji kecamatan yang menjadi penyemangat pemerintah dan masyarakatnya dalam bekerja.

Menjadi Penyemangat dan Atasi Kemiskinan

“Silakan masyarakat bisa menyaksikan karnaval ini dengan penuh bahagia dan suka cita. Ini even kebersamaan, dengan perayaan ini semoga menjadi penyemangat kita dalam bekerja melayani masyarakat,”imbuh Arif Sugiyanto.

Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan Tahun ini, yakni Pulih Lebih Cepat, dan Bangkit Lebih Kuat, Bupati juga berharap Kebumen bisa ikut bangkit dari kemiskinan. Pihaknya bertekad untuk terus bekerja mengurangi angka kemiskinan agar tidak menjadi nomor yang terakhir di Jateng.

“Di momen HUT kemerdekaan ini mari kita kuatkan lagi barisan, saling bergotong royong untuk bangkit dari kemiskinan. Sesuai dengan tema kemerdekaan hari ini, kita harus pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat dari yang lain. Biarkan yang lain melangkah, tapi kita melompat,” tandasnya.

Upacara Hari Kemerdekaan tahun ini sudah kembali normal. Upacara berlangsung di Pendopo Kabumian, dihadiri Ketua DPRD Sarimun dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningish. Diikuti seluruh jajaran Forkompimda, anggota DPRD, Para Kepala OPD, Para Kabag, BUMN, BUMD, Ormas, para Ketua Parpol, dan pengurus Papdesi.

Komper Wardopo