blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Ny Iin Windarti Sugiyanto meresmikan Kolam renang Anak di Desa Ampelsari Kecamatan Petanahan, Senin 15/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan Ampelsari Ekspo di Desa Ampelsari, Kecamatan Petanahan Senin (15/8).

Kegiatan tersebut mengadopsi Kebumen International Expo (KIE) dalam skala kecil. Namun meriah dan mampu menampilkan potensi ekonomi desa.

“Hari ini kita meresmikan Ampelsari Ekspo, kita bersyukur di desa-desa sekarang sudah banyak yang mengadakan ekspo. Ini adalah semacam KIE dalam skala kecil yang patut kita apresiasi dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat, “ujar Arif Sugiyanto.

Menurut Bupati, sudah saatnya pemerintah desa membuat kreativitas baru untuk mengembangkan desanya agar lebih maju, dan rakyat sejahtera . Seperti halnya di Ampelsari. Kegiatan yang dibalut dengan pertunjukan budaya dan pameran bisa mendatangkan banyak orang untuk berkumpul dan menikmati hiburan.

“Saya lihat kegiatannya sudah cukup lengkap. Selain pameran UMKM, juga ada pertunjukan budaya, ada wayangan, janengan. Ini bisa mendatangkan orang untuk berkumpul dan menggerakan roda perekonomian desa,”tandasnya.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Senin (15/8) meninjau stan Ampelsari Ekspo.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Pada kesempatan yang sama Bupati juga meresmikan Kolam Renang Anak Tirtosari. Menurut Bupati, ini juga menjadi wahana permainan baru di Petanahan yang cukup apik dikembangkan oleh pemerintah desa. Harapannya desa bisa semakin mandiri, dan berdikari.

Pameran UMKM dan Pertunjukan Seni Budaya

Kepala Desa Ampelsari Umi Maskanah menyatakan, kegiatan Ampelsari Ekspo berlangsung 15-17/8. Setidaknya ada 17 stan yang berisi pameran produk UMKM dari masyarakat desa setempat.

“Ampelsari Ekspo juga dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke 77. Kita adakan beragam kegiatan, di Ekspo ini ada wayangan, janengan, Ampelsari bersholawat, kemudian karnaval, lomba dan pemberian hadiah yang kita berikan di malam terakhir,” jelas kades.
Komper Wardopo

Adapun untuk kolam renang anak ini, pihaknya juga menyediakan ruang pojok pembaca dan bakal dikembangkan tempat bermain anak. Sehingga anak punya ruang yang asyik untuk bermain, sekaligus bisa mengasah perkembangan motorik anak.

“Di sini kita juga baru saja melaunching kolam renang anak Tirtosari, yang di dalamnya akan kita kembangkan wahana permainan anak. Kita ingin anak-anak di sini bisa bermain dengan asyik dan aman, sehingga mereka senang, dan bisa melatih perkembangan motorik anak,”ucapnya.

Selama Ampelsari Ekspo juga menyediakan layanan pembuatan e-KTP atau administrasi kependudukan bagi warga desa yang belum memiliki atau mau memperbaharui. Dengan pelayanan ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kota Kebumen.

Komper Wardopo