blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kegiatan Pramuka harus dijadikan wahana guna mempersiapkan mental dan fisik generasi penerus bangsa, agar mampu menjawab tantangan di masa datang.

”Berbagai kegiatan Pramuka yang dikenalkan sejak bangku sekolah dasar, harus mampu dimanfaatkan sebagai wahana untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, mempersiapkan fisik dan mental yang tangguh,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/8/2022), menyambut peringatan Hari Pramuka Ke-61, yang diperingati tiap 14 Agustus.

Di bagian lain, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pemuda di Indonesia ada sebanyak 64,92 juta jiwa pada 2021. Jumlah itu setara dengan 23,90 persen dari total populasi Indonesia.

BACA JUGA: Bos PO Haryanto Bagikan Rp 1 Miliar untuk Anak Yatim dan Hibahkan Rumah untuk Hafidz Quran

Dengan tema ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’, menurut dia, sudah selayaknya bila peran kegiatan Pramuka dapat ditingkatkan menjadi satu wahana yang mampu mempersiapkan generasi muda secara ideologi, fisik dan mental, agar setiap anak bangsa di masa datang berdaya saing tinggi.

”Nilai-nilai kebangsaan bisa ditanamkan sejak dini. Demikian juga pelatihan kepemimpinan dan keterampilan, yang mampu sekaligus melatih mental dalam berkompetisi, lewat berbagai kegiatan Pramuka,” imbuh Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu berharap, kelembagaan Pramuka mampu memiliki sejumlah pola kegiatan yang mampu membentuk generasi muda yang tangguh.

BACA JUGA: Kemah Peringatan Hari Pramuka Dihentikan, Lapangan Becek Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu meyakini, bila generasi penerus bangsa sejak dini sudah ditanamkan nilai-nilai kebangsaan, kepemimpinan dan keterampilan di berbagai bidang, akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh.

”Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda untuk tidak bosan belajar, dan mengasah keterampilan serta jiwa kepemimpinan, agar mampu menjadi tulang punggung kebangkitan bangsa Indonesia di masa datang,” tukasnya.

Riyan