blank
Perwakilan Pemprov Jateng melalui Dinkop UMKM, Hetero Space, dan Lazada menghadiri acara Kick Off AKAR Digital Indonesia yang dilaksanakan secara offline di Hetero Space, Jumat (12/8/2022). (ist.)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah bersama Hetero Space serta LapakGanjar berkolaborasi dengan Lazada Indonesia menggelar Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia.

Gerakan AKAR Digital Indonesia yang digagas Lazada ini merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode Getok Tular yang akan membantu on boarding para pelaku UMKM Desa untuk masuk ke market place dan juga akan didampingi oleh Sarjana Muda Penggerak Desa dari program PKKP.

Vice President Lazada Indonesia bidang hubungan pemerintahan, Yovan Sudarma, mengatakan, Gerakan AKAR Digital Indonesia bertujuan untuk memberdayakan ekosistem ekonomi digital Indonesia, dimana peningkatan daya saing UMKM daerah menjadi salah satu fokusnya.

“Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi strategis dengan jumlah UMKM asal Jawa Tengah di platform Lazada yang terus bertambah signifikan. Kami berharap kehadiran program ini bisa terus mendorong minat UMKM di Jawa Tengah ini untuk masuk dan sukses di dunia digital,” katanya, Jumat (12/8/2022).

Program Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada menggaet 50 Sarjana Muda PKKP yang akan mendampingi 100 pelaku UMKM Desa. Program ini akan memberikan pelatihan seputar bagaimana cara berkembang di marketplace.

Materi yang diberikan mulai dari kesiapan berbisnis, branding, copy writing, foto produk, manajemen hubungan pelanggan, hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada dalam bootcamp yang dilaksanakan selama dua hari yang berlokasi di Karang Panginyongan, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada dimulai pada 12 Agustus 2022 dengan acara Kick Off AKAR Digital Indonesia Lazada untuk Jawa Tengah yang dilaksanakan secara offline di Hetero Space dengan mengundang media dan dihadiri oleh pihak Lazada, Dinkop UKM Jateng, dan Disporapar Jateng.

Saat pembukaan kegiatan di Hetero Space, turut diputar video sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, GanjarPranowo, yang dilanjutkan dengan di tanggal 30 – 31 Agustus 2022 yaitu berlangsungnya bootcamp untuk para pelaku UMKM Desa yang didampingi oleh para Sarjana Muda PKKP.

“Program Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada untuk UMKM Desa ini didesain tidak hanya sebagai program pelatihan sekali jalan, tapi menjadi program yang berkelanjutan dan memiliki manfaat yang luas bagi UMKM Desa dari seluruh Jawa Tengah,” ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam video sambutannya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta Yunus, mengatakan, produk – produk dari UMKM desa memiliki potensi yang sangat tinggi dan adanya program ini dapat menjaring serta mengetahui hambatan yang dialami para pelaku UMKM.

“Nantinya program pemberdayaan ini akan terus mendorong sentra – sentra untuk terus berkembang. Harapannya UMKM desa bisa lebih siap menghadapi dunia bisnis sampai proses pemasarannya,” katanya.

Dirinya menambahkan, program Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah yang digagas Lazada ini diharapkan tidak hanya menjadi program seremonial yang sekali jalan, tapi bisa menjadi program yang memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi UMKM di Desa.

(hery priyono)