blank
Ketua TIm Penilai dari Korem 074 Warastratama, Mayor (Inf) Nurul Muthahar (kedua dari kiri) menggunting untaian hiasan untuk mengawali penilaian Kampung Pancasila di Desa Keronlor, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kampung Pancasila Desa Keronlor, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, dinilai Tim Korem 074 Warastratama. Tim penilai dipimpin Pasi Wanmil TNI Korem Mayor (Inf) Nurul Muthahar.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, semalam, mengatakan, kedatangan Tim Penilai diterima Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi Santoso.

Ikut hadir memberikan penyambutan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sidoharjo bersama pamong desa setempat dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Pembentukan Kampung Pancasila bertujuan untuk membangkitkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila, sebagai dasar dalam berbangsa dan bernegara. Juga sebagai upaya bersama untuk menangkal dan membetengi segala bentuk perilaku yang dapat merusak ke-Bhineka-an NKRI.

Kerukunan Umat

Pada kesempatan itu, Tim Penilai Mayor (Inf) Nurul Muthahar, menyampaikan terima kasih kepada warga Keron Lor, yang telah meluangkan waktu untuk pelaksanaan penilaian ini. ”Semoga memperoleh nilai yang maksimal,” tandasnya.

Ditambahkan, Kampung Pancasila, merupakan salah satu program Kemendagri dalam membentuk kampung kerukunan umat agama. Dengan demikian, Pancasila bisa teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakatnya hidup guyup, rukun, dan sejahtera.

Dengan adanya lomba Kampung Pancasila, diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

”Semoga masyarakat khususnya generasi muda, menyadari bahwa pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme,” tegas Mayor (Inf) Nurul.

Bambang Pur