Sosialisasi manajemen kebencanaan digelar di Kampus Universitas Aisyiyah Surakarta. Kegiatan ini diikuti para mahasiswa dan dosen.(Dok.BPBD Wonogiri)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pemahaman manajemen kebencanaan dan simulasi bencana, digelar di Kampus Universitas Aisyiyah Surakarta. Kegiatan ini difasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, acara ini berlangsung selama dua hari. Yakni Tanggal 2 sampai dengan 3 Agustus 2022. ”Diikuti 158 peserta, terdiri atas 4 orang dosen dan 154 mahasiswa/mahasiswi,” jelasnya.

Jenis kegiatan yang diberikan, meliputi sosialisasi pemahaman manajemen kebencanaan dan praktik lapangan evakuasi mandiri melalui kegiatan simulasi bencana.

Materinya meliputi manajemen dasar penanggulangan bencana, mitigasi bencana alam gempa bumi, kesiapan tanggap darurat bencana melalui Emergency Respon Plan (ERP).

Berikut tentang teknik dasar pertolongan pertama, pengendalian operasi penanggulangan bencana. Juga diberikan praktik lapangan simulasi evakuasi mandiri penanggulangan bencana gempa bumi.

Tampil menjadi narasumber dan fasilitator, personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri dan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan yang berlangsung atas kerjasama Universitas Aisyiyah Surakarta dan BPBD Kabupaten Wonogiri ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan para peserta, dalam rangka upaya pengurangan resiko bencana. Sehingga terwujud kemandirian dan ketangguhan menghadapi bencana.

Bambang Pur