blank
Pendampingan peningkatan kualitas koperasi riil yang dilaksanakan oleh Koperasi Perak bekerjasama dengan Dinaa Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah di Koperasi Tani Sari Makmur, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang pada 29 Juli 2022 lalu. Foto : Dok Koperasi Perak

SEMARANG (SUARABARU.ID) Pengembangan organisasi koperasi dan penguatan sistem keuangan merupakan materi yang disajikan oleh Koperasi Perak Jawa Tengah, dalam memberikan pendampingan kepada Koperasi Roda Bersama Abadi, Kabupaten Demak dan Koperasi Tani Sari Makmur, Kabupaten Rembang pada 29 Juli 2022 lalu.

Menurut Setiawan Pandu, Ketua Koperasi Perak, pendampingan tersebut merupakan pelaksanaan kerjasama kemitraan dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah selama 6 bulan, mulai bulan Maret hingga Agustus 2022.

“Pelaksanaan kegiatan itu merupakan program pendampingan untuk meningkatkan kualitas koperasi riil, dalam pengelolaan organisasi koperasi dan sistem keuangan. Selama bulan Juli ini, sebelumnya kami juga melakukan pendampingan di salah satu koperasi riil di Kabupaten Wonosobo dan Purbalingga,” jelasnya di Semarang Jum’at (5/8/2022).

Dalam pendampingan di bidang pengembangan organisasi koperasi, lanjut Pandu, disampaikan sesuai dengan kebutuhan kelembagaan organisasi, yang meliputi materi menyusun draft Anggaran Rumah Tangga Koperasi dan membuat job description atau pembagian kerja antara pengurus, pengawas dan pegawai/karyawan koperasi.

“Dalam penyampaian materi bidang keuangan, karena melihat proses pendampingan sebelumnya masih terbatasnya SDM yang mampu menyusun laporan keuangan, maka tim pendamping Koperasi Perak memberikan pemahaman tentang sistem keuangan akuntansi, yang dimulai dengan merapikan administrasi pembukuan dan memberikan pengertian dasar pembukuan, dengan menambahkan pemahaman alur transaksi akuntansi, yang dimulai dengan menjalankan proses pola kas masuk dan kas keluar,” ungkap Pemandu Lapenkop ini.

Untuk pendampingan selanjutnya, sesuai dengan agenda yang sudah terjadwal di bulan Agustus 2022 ini, yaitu melakukan evaluasi terhadap materi yang sudah disampaikan bulan Juli lalu, yaitu mengevaluasi draft ART serta Jobdis Pengurus dan pengawas, menyusun SOP dan SOM, serta melanjutkan pendampingan dalam menyusun laporan keuangan.

Absa