blank
Rektor Unika Dr Ferdinand (batik biru), berfoto bersama sejumlah dosen dan mahasiswa berprestasi. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi mengatakan, kampusnya secara resmi akan memulai perkuliahan di semester ini pada Senin (5/9/2022) mendatang. Diputuskan juga, untuk mahasiswa jenjang S1 dan D3 perkuliahan dilakukan secara offline penuh 100 persen, namun dengan berbagai pertimbangan.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat press conference Dies Natalis Ke-40 Unika Soegijapranata, di Ruang Rapat Hijau, Gedung Mikael Lantai 3, Kampus Unika, Semarang, Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, pihaknya juga tetap waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan adanya faktor pandemi covid-19. Namun yang lebih utama, pihak kampus lebih mengutamakan filsafat pendidikan.

BACA JUGA: Mahasiswa Unissula Ciptakan Facial Wash Anti Jerawat

”Bagi mahasiswa baru di jenjang S1 ibaratnya masih dalam taraf membentuk seseorang dengan pengetahuan. Dan pengetahuan itu didapat dengan kolaborasi. Dan kolaborasi hanya bisa dilakukan dengan tatap muka. Itulah yang kami maksudkan dengan filsafat pendidikan,” kata Ferdinand dalam keterangannya.

Ditambahkan dia, untuk jenjang S2 dan S3 dilakukan secara online. Tetapi dalam seminggu ada dua atau tiga pertemuan dilakukan perkuliahan secara offline. ”Filsafat pendidikan itu tujuannya membentuk seseorang, maka kami melakukannya secara offline,” jelasnya.

Dalam press conference itu, Rektor Unika didampingi beberapa dosen dan mahasiswa berprestasi di tingkat Nasional dan internasional. Di antaranya, Robertus Setiawan Aji N ST MCom IT PhD (Wakil Rektor Inovasi, Riset, dan Publikasi), Emilia Metta Karunia Wijaya SH MH (Dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi).

BACA JUGA: Atifa Mendapat Bonus Rp 100 Juta dari Walikota dan ASN Kota Tegal

Selain itu, ada juga Dr Retno Yustini Wahyuningdyah MSi (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Dr Dra Kristiana Haryanti MSi (Ketua Panitia Dies Ke-40).

Beberapa mahasiswa berprestasi yang ikut hadir seperti Philipus Ardito Satriya Prasetiyanto dan Ursula Nareswara Andhin Putri Prayoga dari tim Paduan Suara Gratia Choir.

Ada pula Evelyna Nissi Adjikusuma (Sastra Inggris 2019 – Student Of The Year 2021 & Penerima Beasiswa IISMA di University of Leeds, Inggris), serta Leony Kristina (Teknologi Pangan 2018-Perwakilan Mahasiswa FTP yang mengikuti perlombaan pangan internasional di Chicago, USA).

BACA JUGA: Lapak Ganjar, Implementasi Ideologi Gotong Royong di Marketplace

Sementara itu, Glyceria Chrisya selaku Humas Unika menyampaikan, sejumlah rangkaian acara Dies Natalis Ke-40 Unika Soegijapranata sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Dan puncak acara akan digelar pada Sabtu (6/8/2022), di Kampus Unika BSB.

”Sejumlah kegiatan sudah kami siapkan untuk memeriahkan Upacara Dies Natalis Ke-40 Unika Soegijapranata. Kami berharap semuanya berjalan lancar hingga usai acara,” tukas dia.

Riyan