blank
Pjs Sekda Wonosobo M Kristijadi memimpin Rakor persiapan penempatan Pasar Induk. Foto : SB/dok Kominfo

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemindahan pedagang Pasar Induk Wonosobo, dari penampungan sementara akibat kebakaran pada tahun 2014 silam, ke dalam Pasar Induk yang baru, ditargetkan selesai tanggal 7 Agustus 2022 mendatang.

“Tanggal 1 Agustus ini mulai pembongkaran lapak lama dan maksimal 7 Agustus 2022 pedagang sudah pindah ke dalam pasar yang baru,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Wonosobo Bagyo Sarastono.

Hal itu disampaikan Bagyo saat berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) Penempatan Pedagang Pasar Induk Wonosobo di Ruang Mangunkusumo, Gedung Setda setempat.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi tentang kebijakan tersebut sudah disebarluaskan kepada publik melalui akun media sosial dan media massa lainnya.

“Selain itu, juga telah disosialisasikan secara langsung kepada pedagang kios atau lapak. Sehingga semua pedagang Pasar Induk Wonosobo sudah mengetahui,” ujarnya.

Bagyo mengharapkan, pedagang yang telah mendapatkan plotting tempat berjualan dan menerima Kartu Penempatan Pedagang (KPP), untuk segera menata dan menempatinya.

Tata Kelola

blank
Bangunan baru Pasar Induk yang siap ditempati para para pedagang. Foto : SB/Muharno Zarka

“Adapun plotting komoditas sayuran, mengingat masih dalam proses, maka sementara diarahkan menempati lokasi yang disepakati,” ujar mantan Kepala Disperkimhub itu.

Pjs Sekda Wonosobo M Kristijadi menekankan, permasalahan teknis di lapangan harus segera diselesaikan, sebagaimana batasan waktu yang sudah ditetapkan, guna mewujudkan tata kelola dan manajemen pasar yang baik.

“Dengan demikian, setelah Pasar Induk ditempati, tidak muncul permasalahan baru di lapangan. Dengan ditempatinya Pasar Induk, diharapkan perekonomian para pedagang akan membaik,” paparnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Kepala Diskominfo dan Kasatpol PP.

Selain itu juga dihadiri, Kepala Disperkimhub, Kabag perekonomian, Kepala Bagian Hukum Setda dan beberapa Perwakilan Paguyuban Pasar Induk Wonosobo (PPIW).

Sebagaimana diberitakan, Pasar Induk Wonosobo sudah beberapa gagal ditempati sesuai waktu yang telah ditentukan. Pada 7 Agustus 2022 diharapkan merupakan masa terakhir para pedagang masuk ke pasar terbesar di Wonosobo itu.

Muharno Zarka