blank

Penulis : Kusnitah

Gerakan literasi guru- guru di Kabupaten Jepara menggeliat. Sudah tiba masa digitalisasi tertanam dalam kehidupan sejak dalam kandungan bahkan hingga akhir hayat. Manusia dihidangkan oleh gadget atau media sosial yang semakin merambah di kawasan balita.

Sejak masa pandemi sekolah belajar secara daring. Hingga saat ini seminar, webinar, dan rapat kecil juga masih mendahulukan Zoom meeting. Meskipun sekarang sudah tidak pandemi lagi, tetapi kita di Indonesia khususnya di Kabupaten Jepara masih begitu ketat dalam hal bermasker sesuai prokes. Di kantor-kantor dan di sebuah pertokoan besar pun masih sangat diperhatikan.

Sama halnya dengan pembelajaran modern yang saat ini sudah di sosialisasikan dengan kurikulum merdeka, tentunya masih perlu adaptasi dan terus belajar  terutama guru- guru . Ada istilah guru iku digugu lan di tiru. Jadi sebisa mungkin guru bisa belajar lebih dibanding siswanya. Dengan harapan hasil dan prestasi peserta didik baru kita bisa mendapatkan  gelar siswa berprestasi. Jika lulus sarjana nilainya cumploud.

 

Bagaimana dengan merdeka belajar?

Tentunya kita senang dengar merdeka belajar saat ini, karena merdeka bukan berarti bebas tanpa belajar kemana- mana dan dengan siapa saja tetapi merdeka berarti sesuai dengan aturan dan tatanan pemerintah saat ini.

Mari kita songsong kemerdekaan belajar dengan gembira, suka cita dan tetap patuh pada aturan kurikulum yang ada dari pemerintah. Merdeka Belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. (Wikipedia).

Tujuan belajar merdeka  adalah untuk menggali potensi terbesar para guru-guru sekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri .”Menurut Mendikbud, program merdeka belajar menjadi upaya pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia”

Beberapa manfaat program merdeka belajar bagi guru diantaranya ada 10 manfaat yaitu: 1.Mengurangi Beban Guru, 2.Disederhanakannya RPP, 3.Menciptakan Belajar Lebih Menyenangkan,4.Bebas Berekspresi,5.Meningkatkan Kompetensi Guru, 6.Kemerdekaan Guru, 7. Tidak Menuntut Siswa menjadi Sama, 8.Mendukung Inovasi Guru dalam Mengajar, 9. Guru Penggerak 10.Penghapusan UN

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari program belajar merdeka diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa, dengan adanya program belajar merdeka kita sebagai guru  bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan banyak memberikan kebebasan, kesempatan dan peluang belajar dengan senang hati penuh empati sesuai dengan gaya dan kemampuan anak didik yang dihadapi.