blank
Pelatihan Ilmu Falak yang digelar oleh MWC Kedung dalam rangka Gebyar Muharram.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Tahun baru Islam yang jatuh pada Sabtu, 30 Juni 2022 yang lalu diperingati oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC NU) Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, dengan berbagai macam kegiatan. Selain menggelar do’a bersama akhir tahun dan awal tahun, MWC NU Kedung juga menggelar karnaval dan pelatihan ilmu Falak.

Mengusung tema Menuju Jama’ah yang Mandiri dan Bermartabat, MWC NU Kedung menggelar do’a bersama di malam puncak tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H. Hal ini sekaligus menyongsong satu abad usia organisasi Nahdlatul Ulama’.

blank
Peserta pelatihan ilmu falak yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Jepara, Hudi, S.H.I., M.S.I.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Kedung, M. Afif, dalam sambutannya mengatakan, “dengan doa bersama semoga hajat warga NU dikabulkan Allah SWT. Terutama hajat Pengurus MWC NU untuk membangun gedung sebagai tempat kegiatan organisasi”, ujarnya

Lebih lanjut dirinya mengajak kepada seluruh Pengurus MWC Kedung, lembaga, Banom dan Ranting dapat kompak. “Jika bersatu, perkara berat jadi ringan dan perkara yang sulit akan menjadi mudah”, lanjut Afif.

Pengurus MWC NU Kedung juga mengadakan pelatihan Ilmu Falak bertempat di Aula MTs-MA Safinatul Huda Sowan Kidul. Yang dihadiri oleh Ketua Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Jepara, Hudi, S.H.I., M.S.I., skaligus sebagai pemberi materi. Dari pelatihan ini Pengurus MWC NU Kedung berharap setiap ranting memiliki minimal 1 orang yang memahami ilmu falak.

Karnaval yang diikuti oleh santriwan-santriwati TPQ dan Madin se-Kecamamatan Kedung dan Banom juga mewarnai “Genyar Muharram” MWC NU Kedung. “Tahun ini dari Pengurus MWC NU memang hanya melibatkan TPQ dan Madin, namun rencana tahun depan akan melibatkan madrasah di Kecamatan Kedung”, ungkap Afif.

Karnaval dimulai dari Gedung MWC NU Kedung sampai Masjid Bugel, Perempatan Kerso-Pertigaan Tanggul Tlare, Perempatan Kedung Malang-Pertigaan Tedunan-perempatan Sowan Lor-Gedung MWC NU Kedung.

Afif melanjutkan rangkaian kegiatan merupakan dukungan dari semua pihak. Ia mengucapkan terimah kasih banyak atas peran serta pihak-pihak yang terlibat. Tanpa ada partisipasi mereka kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar.

ua