blank
Endra Endah Wacana. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana, minta warga berhati-hati dalam membaca tawaran atau permintaan melalui handphone.

“Kalau ada yang meminta bantuan dengan mengatasnamakan bupati atau pejabat lainnya, hal tersebut tidak benar. Masyarakat bisa mengonfirmasi kebenarannya melalui akun media sosial kami,” kata Endra.

Endra juga menambahkan agar masyarakat jangan pernah menanggapi tawaran atau pertanyaan melalui SMS atau whatsapp yang nomornya tidak dikenal. “Kalau ada permintaan untuk menjawab pertanyaan apa pun melalui whatsapp, seperti misalnya, ketik angka 1 untuk menjawab sebuah pertanyaan dari akun yang tidak jelas, agar diabaikan saja karena bisa saja kemungkinan oknum itu hacker,” pungkasnya.

Imbauan itu terkait adanya seseorang yang mengaku sebagai Bupati Zaenal Arifin dan menghubungi warga. Dijelaskan, seorang oknum tidak bertanggung jawab menggunakan nomor whatsapp 081230451287 dan mengaku sebagai Bupati Magelang, Zaenal Arifin. Pelaku menghubungi seorang guru SMP yang juga pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang. Pelaku juga menggunakan foto profil Bupati Magelang Zaenal Arifin pada nomor whatsapp tersebut.

“Assalamualaikum wr wb. Nopo leres niki pengurus TPQ Thoriqussalam. Saya bapak Zaenal Arifin dari Magelang,” demikian awal percakapan whatsapp tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana pun mengklarifikasi melalui akun media sosial instagram @kominfomagelang. Endra mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya jika ada orang yang mencatut, apalagi meminta bantuan dengan mengatasnamakan bupati atau pejabat lainnya.

Eko Priyono