Sate Danguang. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Indonesia memang dikenal dengan kekayaan kulinernya, tidak terkecuali dengan adanya berbagai jenis sate, mulai dari sate padang, sate kere, sate klatak, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu ada Sate Danguang Danguang dari Payakumbuh yang juga tidak kalah lezat dari berbagai sate lainnya.

Dilansir dari Suara.com, sama halnya dengan sate padang, sate daging sapi ini juga disajikan lengkap dengan kuah gurih berwarna merah yang juga digunakan untuk merebus daging sapi sebelum diolah.

Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Berikut resep sate danguang danguang Payakumbuh yang dilansir dari kanal YouTube Yeni Novita.

Baca Juga: Resep: Ayam Goreng KFC

Bahan:

– ½ kg daging sapi, bisa dicampur dengan lidah atau sesuaikan selera

Bumbu halus:
– 1 ruas jahe
– 1,5 ruas lengkuas
– 3 siung bawang putih besar
– 10 siung bawang merah
– 3 cm kunyit
– 10 buah cabai merah keriting

– ½ sendok makan lada/merica bubuk
– 1 sendok makan ketumbar
– ½ sendok makan jintan
– 1 lembar daun kunyit
– 2 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 2 batang sereh

Bumbu kering:
– 6 butir cengkeh
– 2 bunga lawang
– 2 cm kayu manis

Baca Juga: Resep: Batagor Bandung Bumbu Kacang

Bumbu lain:
– ¼ butir kelapa, parut lalu sangrai
– 3 sendok makan tepung beras
– 1500 ml air

Bahan pelengkap:
– Ketupat
– Bawang goreng
– Daun pisang
– Tusuk sate
– Garam dan penyedap

Cara membuat sate danguang danguang:
1. Rebus daging ke dalam panci, masak sampai setengah matang.
2. Sementara itu, potong-potong bmbu halus sebelum diblender supaya lebih mudah, bumbu berupa daun tidak perlu diblender. Tambahkan sedikit air supaya lebih mudah halus.
3. Setelah itu, buang busa pada daging supaya daging tidak amis, tunggu lagi sampai setengah matang, angkat, dan tiriskan.

Baca Juga: Resep: Ayam Kukus Yang Rendah Kalori

4. Selanjutnya, potong daging dengan bentuk dadu agak besar.
5. Berikutnya, tumis bumbu halus sampai tercium bau harum, lalu tambahkan daun jeruk, daun salam, sereh, dan daun kunyit. Masukkan juga bumbu kering, tumis lagi sampai tercampur merata,
6. Setelah itu, tambahkan lada bubuk. garam, dan penyedap. Aduk kembali semua bumbu sampai tercium bau harum dan bumbu terlihat matang merata.

7. Selanjutnya, masukkan daging yang sudah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu sambil menuangkan 1500 ml air.
8. Masak kembali daging dengan bumbu, tunggu sampai air mendidih dan pastikan bahwa daging sudah matang. Cek kematangan daging dengan menyuir-nyuirnya menggunakan tangan.
9. Jika daging sudah matang, ambil kuah yang digunakan untuk memasak daging dan sisakan kuahnya untuk kembali dimasak bersama daging dan kelapa yang sudah disangrai. 10. Masak sampai kuah daging habis dan hanya menyisakan bumbu kering.
11. Setelah kuah menyusut, didinginkan terlebih dahulu daging sapi untuk kemudian ditusuk-tusuk.
12. Sementara itu, masak kembali air rebusan yang disisihkan tadi dengan menambahkan tepung beras, aduk sampai kuahnya mulai mengental. Masak sampai kuah mendidih.

13. Setelah itu, panggang daging sate danguang danguang sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan. Tidak perlu terlalu lama karena daging sudah matang.
14. Sate danguang danguang siap disajikan lengkap dengan ketupat, kuah merah, dan taburan bawang goreng.

Claudia